Review

Ini Alasan Diameter Roda Depan Motor Trail Lebih Besar

By: VMX Media | 02/07/2022 | 1010
Ini Alasan Diameter Roda Depan Motor Trail Lebih Besar

NEWS.VMX.ID– Gen Motor Trail, mulai dari Motocross, Enduro dan Trail daily use, semua berbasis dimensi lingkaran roda lebih besar bagian depan. Tingkat lingakran ban depan bervariasi mulai dari 19 inchi hingga 21 inci denan profil ukuran ban juga berbeda menyesuaikan kebutuhan spesifikasi motor.

Mengapa diameter lingkaran ban depan motor trail lebih besar dibandingkan dengan belakang? Tujuan utamanya untuk meredam kejutannya, karena beban terpaku pada bagian depan. fungsinya ban depan untuk stabilitas handling, pengendalian  saat bermanuver trek lurus, tikungan hingga jumping dan landing. Dan peran ban belakang berdiameter lebih kecil namun bertapak lebih lebar yang disiapkan membantu kesempurnaan stabilitas dan traksi, terutama saat menikung.

Juga, ukuran diameter ban depan yamg lebih besar di sinergikan dengan  pengggunaan travel shock bagian depan juga dibuat Panjang. Dengan begitu tingkat stabilitasnya berlapis dan lebih aman, terutama motor motocross untuk kompetisi. Makanya,ketika melakukan manuver di lintasan off-road lebih stabil, lebih mudah dan tentunya seimbang serta kuat ketika melakukan akselerasi di jalur-jalur tanah atau berlubang,

Roda bagian depan motoro grail dan motocross dibuat lebih besar, juga sebagai alat bantu meredam kejut ketika motor menghadapi lintasan tak rata. Selain itu juga untuk meredam kecepatan lebih kuat, saat motor trail membutuh pengereman jarak pendek. Kondisi tersebut untuk membantu manuver motor lebih baik di kontur jalan labil seperti berbatu, berpasir bahkan berlumpur.

Motor untuk offroad, ada lintasan tertentu yang membutuhkan traksi atau daya cengkeram, oleh sebab itu digunakan lingkaran ban lebih besar dan travel shock lebih Panjang. Penunjang stabilitas dan performa motocross dan motor trail adalah menggunakan pelek jari – jari lebih karena elastis ketika menerima benturan dan gncangan di jalur trek ekstrim.