Maaf, Sepeda Motor Trail KTM Ini Mungkin Lebih dari yang Dapat Braaapers Tangani

By: VMX Media | 04/07/2024
Maaf, Sepeda Motor Trail KTM Ini Mungkin Lebih dari yang Dapat Braaapers Tangani
Foto: rideapart.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Kita semua tentu bermimpi memiliki keterampilan mengendarai sepeda motor yang heroik. Bahwa  jika diberi kesempatan, bisa bergaul dengan yang terbaik dari yang terbaik; kita bisa melakukan wheelie, bisa menggeser bagian belakang ban keluar, atau bisa mencapai kecepatan 140 KM per jam di jalan terjal.

Misalnya, kita ingin menghadiri acara hard enduro terberat sealam dunia Erzbergrodeo atau Romaniacs, tentu paling pas mencobanya dengan menggunakan sepeda motor trail 300 XC-W Hard Enduro keluaran terbaru dari KTM. Karena ia memiliki semua spesifikasi untuk memenangkan event tersebut. 

Namun terlepas dari semua yang KTM berikan pada motornya, dan potensi nyatanya untuk memenangkan event tersebut secara langsung, kita tetap tidak akan dapat melakukannya. Orang biasa tak akan mampu meng-handle 300 XC-W, karena kekuatannya lebih dari yang bisa dibayangkan!

Izinkan Rideapart.com untuk mengilustrasikan hanya dengan spesifikasinya. 

Sejak awal, KTM menyatakan, “Setelah meraih kemenangan di dua putaran pertama FIM Hard Enduro World Championship 2024 dan meraih tiga kemenangan berturut-turut di Red Bull Erzbergrodeo dengan kepemimpinan Manuel Lettenbichler, KTM 300 XC-W Hard Enduro berdiri sebagai pesaing yang tangguh. Melalui Lettenbichler dan masukan dari pembalap profesional lainnya, KTM 300 XC-W Hard Enduro 2025 dirancang untuk memberikan paket enduro READY TO RACE terbaik.”

Benar sekali, ini adalah paket yang sama yang digunakan Manny Lettenbichler –pembalap paling sering menang dalam sejarah Erzberg– untuk mencapai hasil tersebut. Jadi benda ini disetel untuk pembalap yang tepat.

Kehebatan baru pada motor ini adalah penyesuaian preload pegas pada katup dasar pegas kartrid tertutup WP XACT 48 mm, yang memungkinkan penyesuaian sambil jalan, sehingga pengendara dapat menyetel saat memasuki jalan setapak. Demikian pula, KTM melakukan sedikit pembaruan pada shock belakang, penggeser rantai, dan dudukan tangki bahan bakar agar lebih baik dalam menangani kondisi keras apa pun yang braaapers hadapi, misalnya reli di Dakar. 

KTM 300 XC-W  juga dilengkapi dengan jok balap pabrik, sakelar pilih pemetaan mesin, pelindung rangka, pelek DID, pelindung tangan, kipas radiator untuk menjaga agar tetap dingin, mesin tiga kali lipat anodisasi, pelat selip, cakram rem depan mengambang, dan pelindung cakram, cakram dan pelindung rem belakang yang kokoh, sproket belakang Supersprox, dan pelindung silinder kopling. 

Dan itu bahkan tidak mencakup mesinnya, yaitu mesin 2-tak silinder tunggal 293cc yang menghasilkan 49 tenaga kuda. Bayangkan, 49 tenaga kuda! Throttle body Keihin 39mm akan menjaga tenaga tetap siap sepanjang rentang putaran, sedangkan sproket 2 bagian akan mencengkeram ban Dunlop depan dan belakang. Artinya, ada banyak tenaga kuda untuk melompati medan apa pun di depan braaapers, misalnya taman batu atau tunggul pohon berukuran penuh.
Mengenai harga, KTM 300 XC-W Hard Enduro 2025 akan membuat kamu harus mengeluarkan $13.299 atau Rp217 juta, belum termasuk pajak kendaraan bermotor dan pajak barang mewah ya kalau masuk Indonesia. Tidak terlalu mahal untuk kekuatan super yang dimilikinya, kan, braaapers? (day)