Siap Taklukkan Medan Ekstrem, Inilah Motor-motor Trail Listrik dengan Performa Ciamik (2)

By: VMX Media | 12/10/2023 | 188
Siap Taklukkan Medan Ekstrem, Inilah Motor-motor Trail Listrik dengan Performa Ciamik (2)

BANDUNG, VMXMedia.ID – Pada artikel sebelumnya, braaapers sudah memperoleh informasi soal tiga motor listrik yang siap melibas jalur ekstrem. Ternyata, performa mesin motor listrik tak kalah dengan motor konvensional berbahan bakar bensin.

Masih dari JalanTikus.com, berikut ini ada empat motor listrik lainnya yang bisa segera dimiliki braaapers untuk berpetualang ke alam bebas, dengan kelebihan, tak ada polusi dan menghemat biaya pengeluaran bahan bakar.

1. Honda CR Electric
Pabrikan level dunia seperti Honda sebenarnya sudah pernah memperkenalkan konsep motor petualang dengan mesin elektrik pada tahun 2019 lalu. Diberi nama Honda CR Electric, desain motor ini memang tampak serupa dengan Honda CRF bermesin konvensional.

Oleh karena itu, tidak salah juga jika CR Electric disebut sebagai Honda CRF yang cuma berganti mesin menjadi motor listrik. Rangka alumunium yang digunakan pun sangat mirip dengan model 250 dan 450 milik CRF.

Sayangnya, sampai saat ini Honda belum memastikan kapan akan menjual motor tersebut secara resmi. Selain itu, spesifikasinya pun belum dibeberkan secara detail. Jadi tungguin aja, ya, braaapers!

2. Yamaha TY-E 2.0
Yamaha juga mulai serius bermain di segmen motor listrik dengan tengah menyiapkan Yamaha TY-E 2.0. motor off-road bertenaga elektrifikasi ini punya spek khusus untuk kompetisi.

Menariknya, motor ini sudah diikutsertakan pada kejuaraan Trial World Championship pada Juni 2022. Untuk pembalapnya, motor ini ditunggangi oleh Kenichi Kuroyama dari tim Yamaha Factory Racing Team.

Selain itu, TY-E 2.0 juga diklaim sebagai satu-satunya motor Yamaha yang mencapai netralitas karbon. Untuk rangkanya menggunakan model monosok baru yang membuat bobot motor jadi lebih ringan dan lincah.

Melihat bentuknya yang tidak dilengkapi dengan tempat duduk, bisa disimpulkan, motor listrik Yamaha tersebut memang hanya diperuntukkan untuk melibas trek ekstrem seperti tumpukan kayu, batu, dan medan berat lainnya.

Motor ini pun belum dikomersialkan oleh Yamaha sejauh ini, jadi untuk harganya masih belum diketahui, ya, braaapers. Semoga masih masuk ke dalam motor trail listrik murah, ya.

3. KTM SX-E5
Pabrikan asal Austria yang juga membawa lini produk sport dan adventure-nya, yaitu KTM SX-E5. Motor listrik berkonsep trail ini memang cukup unik karena memiliki bentuk yang mungil bak motor latihan anak-anak.

Secara spesifikasi, performa SX-E5 memang setara motor bensin berkapasitas 50cc saja. Selain itu, motor ini juga tidak dilengkapi dengan perangkat legalitas di jalan raya, seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein. Jadi murni untuk off-road, ya.

Dengan bobot sekitar 55kg, baterai mini trail listrik punya kapasitas 21 Ah dengan waktu pengisian selama 70 menit saja. Kalau berminat, harga motor trail listrik anak tersebut dibanderol sebesar Rp119 juta off the road Jakarta alias belum termasuk pajak.

4. Husqvarna EE-5
Sebagai sesama pabrikan asal Austria dengan KTM, Husqvarna Indonesia juga ikut memperkenalkan motor trail listrik mini mereka yang bernama Husqavarna EE-5 pada 2021 lalu.

Meski diperuntukkan bagi bikers muda, motor penggaruk tanah ini punya performa yang mumpuni untuk dipakai balapan. Dengan kata lain, motor ini tak hanya bisa dipakai untuk fun riding saja, melainkan juga layak untuk diikutsertakan dalam kompetisi.

Secara spesifikasi, motor ini dibekali baterai berkapasitas 48V berjenis li-ion cells. Dalam kondisi penuh, baterai tersebut tahan dipakai untuk berkendara santai selama 2 jam penuh. Namun, untuk dipakai balapan, motornya hanya akan bertahan selama 25 menit saja.

Husqavarna EE-5 juga punya enam mode berkendara yang bisa disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Fitur ini pastinya akan mempermudah anak-anak untuk mengendarainya sesuai dengan kegunaan.

Hanya saja, harga yang dibanderol ternyata tidak seperti ukurannya yang mini. Bagaimana tidak, braaapers harus rela membayar motor ini seharga Rp112 juta untuk memilikinya.

Itulah tadi sejumlah motor trail listrik yang bisa direkomendasikan. Jadi sudah jelas kalau motor ramah lingkungan tak melulu tampil dengan desain skutik. Ada juga, kok, yang garang seperti di atas. (day)