Lima Motor Petualangan Tangguh Milik Honda, Ini Peringkat Berdasarkan Tenaganya

By: VMX Media | 06/04/2024
Lima Motor Petualangan Tangguh Milik Honda, Ini Peringkat Berdasarkan Tenaganya
Foto: ridertua.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Pabrikan terkemuka dunia Honda memiliki beberapa motor petualangan legendaris untuk braaapers nikmati, baik itu Transalp yang keren atau Africa Twin yang populer. Dari CB500X entry-level hingga Africa Twin yang legendaris, Honda menawarkan motor adventure yang cocok untuk medan on-road dan off-road.

Big Red –julukan Honda– hanya memiliki lima model petualangan di jajarannya, tetapi mereka adalah model yang menarik. Bagaimanapun juga, Honda memang membutuhkan waktu yang lama untuk meluncurkan sebuah model, namun ketika hal itu terjadi, biasanya Honda sudah hampir sempurna sejak awal.

Untuk memastikan keakuratannya, informasi yang dikumpulkan dalam artikel ini bersumber dari pabrikan, serta sumber resmi lainnya seperti Visordown.com, Motorcycle.com, Motorcyclenews.com, dan Cycleworld.com, yang semuanya dirangkum dalam Topspeed.com.  Sepeda motor dalam daftar ini diurutkan berdasarkan angka tenaganya, dari yang terendah hingga yang tertinggi.

1. Honda CB500X, Tenaga: 46,9 HP

Bayi dari rangkaian petualangan Honda adalah CB500X . Penjelasan singkatnya tampaknya sederhana: memperkenalkan pengendara pada dunia tur petualangan. Ini termasuk penyaluran tenaga, ketinggian tempat duduk, penanganan, dan biaya perawatan. Honda telah mencapai hal ini dengan menggunakan platform CB500F dan memberikan sedikit perubahan agar sesuai dengan penggunaan on/off-road yang dimaksudkan untuk CB500X.

Dengan demikian, ia mendapatkan rangka dan mesin dari keadaan telanjang dengan 46,9 tenaga kuda dan torsi 31,7 pon-kaki. Namun ia memadukannya dengan suspensi travel panjang, roda depan 19 inci, dan kaca depan sebagai perwujudan aspirasi jalan raya. Ada ABS saluran ganda (tetapi tidak dapat diganti), tidak ada mode berkendara, dan suspensi memiliki penyesuaian paling dasar berupa preload belakang. Saat pertama kali diluncurkan, rem depannya hanya memiliki satu cakram, namun baru-baru ini telah diperbarui menjadi dua.

2. Honda NC750X, Tenaga: 57,8 HP

NC750X adalah sepeda motor terkuat berikutnya yang tersedia di jajaran on/off-road Honda. Seperti CB500X, ia lebih condong ke aspal daripada tanah. Faktanya, ia adalah pejuang aspal tanpa malu-malu. Ia mendapat velg depan 17 inci, dan yang menarik adalah gearbox otomatis kopling ganda DCT. Ini juga tersedia di tempat lain di dunia dengan manual enam kecepatan, tetapi di pasar AS, hanya ditawarkan dengan otomatis.

Diduga, hal ini ada hubungannya dengan harganya yang begitu dekat dengan Transalp, dan Honda ingin membedakan keduanya agar tidak saling mencopot penjualan. Namun, ia berusaha sebisa mungkin tidak mengintimidasi. Angka tenaga puncak sebesar 57,8 tenaga kuda tersedia pada 6.750 RPM saja, dan torsi puncaknya bahkan lebih rendah lagi pada 4.750 RPM. Honda memutuskan untuk menggunakan mesin langkah panjang untuk menghasilkan torsi low-end dan dipasangkan dengan gearbox DCT, mesin ini akan terasa sangat mudah dikendalikan.

3. Honda Transalp, Tenaga: 90,5 HP

Transalp adalah nama yang disukai di kalangan penggemar sepeda petualangan. Mesin ini mulai dijual secara global pada tahun 1986 dan memulai debutnya di pasar Amerika pada tahun 1989. Pada saat itu, mesin ini ditenagai oleh mesin V twin 52 derajat dengan tiga katup per silinder. Transalp XL750 saat ini menjalankan mesin kembar paralel yang secara membingungkan hanya memiliki kapasitas 10cc lebih banyak daripada mesin di NC750X. Tapi ini sangat berbeda. Sifat langkahnya yang pendek memberikan keluaran tenaga 50 persen lebih tinggi dan semua puncaknya jauh lebih tinggi, puncak torsi berada di luar garis merah mesin NC!

Transalp menawarkan mode berkendara, quickshifter dua arah sebagai standar, perangkat keras suspensi hebat dari Showa di kedua ujungnya, tangki bahan bakar besar 4,5 galon, pembawa belakang terintegrasi standar, indikator pembatalan otomatis, dan layar warna TFT untuk instrumentasi. Pada daftar opsi terdapat kursi yang lebih rendah yang menurunkan ketinggian kursi 1,1 inci, dan braaapers dapat memilih salah satu dari empat paket aksesori yang –tergantung pada paketnya– akan menambahkan pijakan kaki yang berbeda, pelat selip, dudukan tengah, pelindung tangan, pannier dan kaca depan yang tinggi.

4. Honda Africa Twin, Tenaga: 100 HP

Africa Twin adalah sebuah legenda. Pertama kali diproduksi pada tahun 1988 sebagai mesin V-twin 650cc. Namun, ia mendapatkan reputasinya dengan generasi keduanya, XRV750T 750cc yang didasarkan pada sepeda motor pemenang Reli Dakar empat kali. Honda berhenti memproduksinya selama 16 tahun dan kemudian membawanya kembali sebagai sepeda motor touring petualangan 1000cc ukuran penuh.

Generasi saat ini, CRF1100L, memiliki dua versi berbeda. Yang pertama adalah Africa Twin Standar. Ia menampilkan apa yang braaapers harapkan dari motor on/off-roader besar: velg depan 21 inci, jari-jari, IMU enam sumbu, dan suspensi yang dapat disetel sepenuhnya. Ia menawarkan satu hal yang tidak ditawarkan oleh sepeda motor lain di segmennya: gearbox otomatis DCT. 

Mesin Africa Twin yang mendekati 1.100cc hanya menghasilkan tenaga 10 persen lebih besar daripada Transalp, tapi itu memang desainnya. Seperti NC750X, fokusnya adalah pada torsi yang dapat digunakan, dan kamu tidak akan pernah menginginkan hal itu di seluruh rentang putaran Africa Twin.

5. Honda Africa Twin ADV Sports ES, Tenaga: 100 HP

Mari kita selesaikan hal-hal umum dengan cepat: Africa Twin dan Africa Twin Adventure Sports ES memiliki mesin, gearbox, rangka, dan lengan ayun yang sama. Mereka juga terlihat hampir identik. Namun di sinilah Sports ES berbeda. ‘ES’ dalam namanya adalah singkatan dari ‘Suspensi Elektronik’. Tidak, braaapers tidak dapat lagi memilikinya pada Africa Twin standar, karena suspensi ini berbeda, jauh lebih nyaman.

Model ini juga mendapat velg depan 19 inci dan tangki besar 6,5 galon yang akan membawa kamu lebih dari 300 mil antar pengisian. Kamu juga mendapatkan kursi yang lebih rendah, yang pada posisi rendah turun hingga 33,5 inci. Sebagai gambaran, tinggi jok Ducati Scrambler adalah 33,8 inci. Ini adalah kombinasi velg yang lebih kecil, suspensi dengan travel yang lebih sedikit, dan dudukan kursi yang lebih rendah, yang semuanya membuat Africa Twin dapat diakses oleh lebih banyak khalayak

Braaapers ada di kubu mana? (day)