NEWS.VMX.ID– Motor trail adalah salah satu olahraga paling menarik di dunia. Namun, beberapa orang khawatir tentang biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, berapa banyak dana yang harus dikeluarkan untuk memulainya?
Ada beberapa item inti yang harus di miliki ketika memulai ber motor trail, Yaitu : Unit Motor Trail, peralatan dan perlengkapan keselamatan, seperti helm, sarung tangan, sepatu bot, dan kacamata goggles, celana MX dan jersey, dan penyangga leher.Alat tersebut untuk memastikan perlindungan diri pengendara.
Lintasan jalur untuk motor trail, motocross dan enduro tidak rata dan cenderung banyak guncangan, makanya untuk meminilisir getaran diperlukan pelindung telapak tangan dan handguard.
Untuk unit motor trail soal dan build up diluar harga masing- masing type unit juga berikut modifikasi dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan sesuai kegiatanya. Dalam aktifitas adventure, enduro, motocross dan grastrack pastinya menambah detail part aksesories pada HandGrip,Handle Bar, HandGuar, disk – bottom fork, swing arm protector, clutch and ignition cover, frame protector,perangkat roda,perangkat rem,hingga up grade suspensi depan dan belakang.
Untuk kebutuhan motor trail adventure yang sebatas olahraga hobi memang tidak sekencang dana yang keluar dibanding kebutuhan kompetisi Motocross, Grasstrack dan Enduro. Untuk Motocross dan Enduro biasanya telah tersedia performance part dalam beberapa grade dan brandnya. Motor kompetisi dalam hal komponen untuk mencapai target performance power memnag tidak terbatas. Juga dalam kompetisi Motocross dan Grasstrack, faktor skill dan mental pebalap juga sebagai penentu penting menyangkut pencapaian prestasi.
Sedangkan Grasstrack yang basisnya bermesin motor dan engine mounting frame yang dipasarkan umum, lebih terasa dana dalam memodifikasinya. Memang dalam Grasstrack, saat ini untuk katagori modifikasi Open baik sisi pengerjaan dan kucuran dana keluar sangat besar,mencapai ratusan juta. Penyebabnya, total item bagian dominan di seting bangun ulang,hanya mesin penampilan standar yang telah di upgrade dalam konteks kapasitas mesin dan part spesial kompetisi. Dan satu lagi, resiko cidera yang tentu saja mengeluarkan biaya ekstra untuk pengobatan dan perawatan, karena Adventure,Enduro, Motocross dan Grasstrack ada olahraga ektrims roda dua.
Jadi antara unit motor dan perlengkapan pengendaranya bisa masuk skor 60-40, Untuk perlengkapan pengendara nominalnya tentatif dari selera pengendara ( kecuali yang di support oleh brad tertentu ). Close the door nya, Hobi itu memang unik dan berharga, juga mengundang simpatik sponsor jika berprestasi mumpuni.