Review

Agar Tidak Lupa, Yuk, Kenali Lagi 5 Perbedaan Motocross dan Enduro dari Segi Motor

By: Ramadhan Abizar | 17/04/2023 | 474
Agar Tidak Lupa, Yuk, Kenali Lagi 5 Perbedaan Motocross dan Enduro dari Segi Motor

MOTOCROSS dan enduro adalah dua jenis olahraga balap motor off-road yang populer di dunia. Kedua olahraga ini kerap dijadikan sarana untuk mengetes ketahanan serta memacu adrenalin pengendaranya. 

Meskipun sama-sama berada di jalur tanah, tentu braaapers tahu, motocross dan enduro adalah dua hal berbeda. Perbedaan yang paling terlihat, jika motocross berlangsung di sirkuit dengan jalur berupa tanah tak rata, sedangkan enduro, berlangsung di dalam hutan dengan melewati ranting dan batang pohon, jalan berbatu, sungai, bukit, dan lain-lain.

Perbedaan motocross dan enduro juga terletak dari segi motor yang digunakan. Agar braaapers tidak lupa, kenali lagi 5 perbedaan antara motocross dan enduro dari segi motor berikut ini:

1. Suspensi 

image source: betterdirtbikeriding.com

Pada motor, suspensi berfungsi meredam getaran saat melalui jalur yang tidak rata. Tujuannya agar motor yang dikendarai tetap mampu berjalan secara seimbang. 

Pada motor motocross, suspensi dibuat lebih kaku dan pendek, untuk menghindari lompatan dan guncangan dengan kecepatan tinggi di trek yang bergelombang. Sedangkan pada motor enduro, suspensi dibuat lebih fleksibel dan panjang, untuk menangani jalur yang lebih berat serta mengurangi tekanan pada motor.

2. Ban 

image source: monotaro.id

Ban pada motor trail dibuat dengan tapak yang bersifat kasar. Hal tersebut berfungsi agar motor trail memberikan traksi yang maksimal ketika menerabas jalur off-road

Pada motor motocross, ban biasanya lebih berat dan lebar, untuk memberikan traksi maksimal pada jalur tanah yang keras dan tak rata. Sedangkan pada motor enduro, ban biasanya lebih tipis dan ringan dengan tapak lebih lebar dan dalam, untuk memberikan traksi pada berbagai jalur, seperti jalur berlumpur dan berpasir.  

3. Bobot 

image source: monimoto.com

Motor motocross memiliki bobot lebih ringan, karena membutuhkan kecepatan dan manuver pada trek yang ramping. 

Sedangkan, motor enduro memiliki bobot lebih berat. Hal tersebut dirancang untuk menangani jalur yang lebih berat, serta untuk memberikan stabilitas dan ketahanan pada jarak yang lebih jauh. 

4. Perlengkapan 

image source: dirtbikeplanet.com

Perlengkapan untuk motor motocross bersifat lebih khusus. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kecepatan dan manuver. 

Sedangkan, perlengkapan untuk motor enduro memiliki beberapa tambahan seperti pelindung mesin dan tangan. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi motor dari kerusakan sekaligus menyesuaikan dengan jalur yang lebih berat. 

5. Mesin 

image source: motodeal.com

Untuk memungkinkan akselerasi lebih cepat di trek yang ramping, mesin pada motor motocross dibuat lebih bertenaga dengan torsi yang kuat. 

Sedangkan, mesin pada motor enduro dibuat dengan tenaga lebih sedikit untuk menjaga ketahanan mesin pada jalur yang lebih berat dan jarak yang lebih jauh. 

Itulah 5 perbedaan motocross dan enduro dari segi motor yang digunakan. Semoga, ke depannya, braaapers bisa lebih cermat dalam memilih motor trail untuk motocross atau enduro.