Review

Fungsi Swing Arm Motor Trail! Ini Dia Faktanya

By: VMX Media | 14/09/2022
Fungsi Swing Arm Motor Trail! Ini Dia Faktanya

NEWS.VMX.ID – Bagian handling motor, terutama trail memiliki lengan ayun yang memiliki fungsi berbeda pada jenis motor lain. Suspensi memastikan roda bergerak naik turun, menopang sasis. Dan pegas atau elemen elastis lainnya, bergerak tanpa mentransmisikan semua gerakannya ke sasis. Lengan ayun sangat krusial sebagai bagian dari sasis yang terpisah dan bergerak mengiringi pergerakan motor.

Sejarah swing arm terjadi ketika jaman perdana hadirnya teknologi,dibarengi beberapa ide yang dihadirkan. Tahun 1913 Indian, pabrikan motor asal Amerika merilis suspensi belakang swingarm denan metode pegas sebagai pengendalinya. Kekurangannya terlampau fleksibel dan tidak ada daya rigidnya. Setelah itu, terjadi evolusi peningkatan dan penyempurnaannya model swing arm. Juga menyangkut pengggunaan material yang bervariasi,berikut kelebihan dan kekurangannya.

Tugas swing arm yang mendasar adalah membantu sokbreker belakang dalam meredam getaran. Fungsi tambahan lainnya menahan beban pengendara, akselerasi, dan pengereman. Dan semua berhubungan dengan handling system, yang sangat berpengaruh dengan performa motor.

Ternyata tugas lengan ayun, mempunyai unsur penting saat motor melakukan start, saat berkompetisi. Saat start, lengan ayun harus mampu menopang tenaga motor yang tersalurkan ke ban belakang. Juga, saat memasuki tikungan, swingarm harus mencukupi tingkat rigiditas  dan tingkat angka stabilitas dalam menahan deselerasi tinggi saat pengereman.

Swingarm juga harus bisa meredam getaran pada permukaan lintasan tidak rata dan berhubungan dengan efek stabilitas motor Bersama tingkat grip ban dan traksi. Pada lengan ayun tingkat rigiditasnya wajib diperkuat untuk berkombinasi daya redam dari suspensi. Tingkat rigid lengan ayun sangat berpengaruh pada material dan ukuran dimensinya.

Jika terlalu rigid imbasnya ban akan mudah terkikis, sebaliknya jika minim tingkat kekakuannya juga sangat berpengaruh akan handling yang sulit dikendalikan karena arahnya bisa liar. Soal material swing arm, untuk motor umum terbuat dari baja, sedangkan untuk kompetisi disiapkan dengan material khusus seperti serat karbon dan aluminium. Kedua sisi penggunaan tersebuat ada kelebihan dan kekuarangan