Pelajari Lebih Dekat, Mengapa KLX 150 Supermoto Lebih Kuat Ketimbang Versi Trail?

By: VMX Media | 17/03/2024 | 68
Pelajari Lebih Dekat, Mengapa KLX 150 Supermoto Lebih Kuat Ketimbang Versi Trail?
Foto: otomotifnet.com

JAKARTA, VMXMedia.ID – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Kawasaki KLX150SM. Ini merupakan pengganti D-Tracker 150. Jadi untuk varian supermoto tak lagi menggunakan nama D-Tracker seperti halnya yang diaplikasikan pertama kali pada KLX230SM.


Dikutip dari gridoto.com, Kawasaki KLX 150 SM mungkin bisa nih menjadi pilihan bagi braaapers yang sudah mendambakan supermoto sejak lama.  Motor ini dikenal memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan versi off-road, tapi kenapa?  Mari kita bedah rahasianya.

Secara umum, perubahan dari D-Tracker 150 ke KLX150 SM ini persis KLX150 versi trail. Sudah dapat desain bodi baru, headlamp LED, speedometer digital, tutup tangki baru, tool box baru hingga suspensi baru di depan dan belakang.

Mesin yang digunakan pada KLX 150 SM sama dengan versi trail, yaitu mesin 1 silinder SOHC 2 katup berpendingin udara dengan suplai bensin dan udara, menggunakan karburator. Perpindahan murninya adalah 144 cm3 dan bore x stroke adalah 58,0 x 54,4 mm.

Rasio kompresinya rendah, hanya 9,5:1. Tenaga maksimumnya diklaim sebesar 11,9 hp (8,6 kW) pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi maksimum 11,3 Nm (6.500 rpm/mnt).

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. Yang membedakan dengan versi trail adalah pada gigi finalnya. Versi supermoto lebih berat dengan rasio 45/14, sementara versi trail 52/14. Dampaknya, tenaga dan daya tahan supermoto lebih grengg! (reg)