Ada Rumor Triumph Tengah Siapkan Motor Petualangan Off-Road Tiger 660, Akan Hempaskan Tenere 700 dan KTM 790 ADV?

By: VMX Media | 29/02/2024 | 81
Ada Rumor Triumph Tengah Siapkan Motor Petualangan Off-Road Tiger 660, Akan Hempaskan Tenere 700 dan KTM 790 ADV?
Foto: Topspeed.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Dunia motor petualangan diterpa rumor alias isu soal Triumph yang tengah menyiapkan kuda besi kelas 660cc. Namanya pun sudah santer terdengar: Tiger 660cc. Motor ini diyakini akan menyaingi ADV kelas menengah populer seperti Yamaha Tenere 700 dan KTM 790 Adventure.

Menurut Topspeed.com, tidak dapat disangkal, platform 600-an cc Triumph sangat sukses. Trident 660 memulai segalanya pada tahun 2020, Tiger Sport mempermanisnya pada tahun 2021, dan Daytona 660 baru siap untuk meningkatkan semuanya tahun ini. Tak heran jika rumor berseliweran akan kemunculan Tiger 660, karena merupakan sesuatu yang logis di pasar yang cukup besar.

Ide motor petualangan 660cc dari Triumph bukanlah hal baru. Bahkan sebelum platform tersebut debut, render dari presentasi resmi perusahaan telah muncul di internet. Itu menunjukkan orang telanjang, seorang penjelajah petualangan, dan sepeda petualangan yang layak. 

Sekarang, setelah beberapa tahun tidak terdengar di radio, rumor ini kembali muncul. Mereka berasal dari India, di mana salah satu dealer resmi Triumph membagikan rumor tentang motor petualangan barunya. Segalanya menjadi kacau sejak itu, dengan media-media besar Eropa mengisyaratkan pengungkapan itu bisa terjadi tahun ini.

Lebih detailnya, rumor menyebutkan, Tiger 660 akan menggunakan mesin tiga silinder 660cc milik Triumph. Sebagai referensi, mesin tersebut menghasilkan 81 tenaga kuda dan 47 pound-feet di Tiger Sport 660. Jika output ini tetap tidak berubah, motor petualangan akan jatuh tepat di segmen kelas menengah. Ini akan lebih bertenaga daripada Yamaha Tenere 700 dan Moto Morini X-Cape 650, tetapi kalah sedikit dari KTM 790 Adventure dan Aprilia Tuareg 660.

Adapun fondasinya, Tiger akan lebih siap off-road dibandingkan Tiger Sport. Roda depan berukuran lebih besar (19 inci), roda jari-jari, dan suspensi long-travel dikabarkan sedang dalam pengerjaan. Atau merek Hinckley juga dapat menyiapkan seluruh jajarannya dengan varian GT dan Rally – seperti jajaran Tiger 900. Sementara itu, desainnya akan seperti Tiger 900. Hal ini terlihat dari render berusia empat tahun yang menunjukkan:

– Paruh depannya mirip motocross

– Lampu depan LED yang berbeda

– Selubung radiator berotot.

– Bagian ekor ramping

Ide tentang motor petualangan kelas menengah 600-700cc sangat masuk akal. Pertama, platform 660cc memiliki banyak penggemar, yang akan dengan senang hati membawa pulang ADV semacam itu. Kedua, pasar ADV adalah yang terpanas yang pernah ada. Ketiga, Tiger 900 memiliki MSRP awal yang tinggi sebesar USD 14,995 (Rp235 jutaan) . Hal ini membuatnya terlalu mahal bagi seseorang yang naik level dari mesin 300-400cc. Jadi jika Triumph bisa mendatangkan ADV 660cc dengan harga sekitar USD 10.000 (Rp157 jutaan), itu akan menghasilkan keajaiban.

Namun perlu diingat, belum ada bukti konkrit mengenai ADV tersebut, kecuali render dari empat tahun lalu. Postingan Facebook tersebut juga tidak banyak memberi informasi karena halaman-halaman ini ditangani oleh eksekutif media sosial yang dipekerjakan oleh dealer, bukan personel resmi perusahaan. Kantor resmi Triumph di Inggris pun belum mau memberi keterangan resmi. Waah masih misterius, ya, braaapers! (day)