Siap Taklukkan Medan Ekstrem, Inilah Motor-motor Trail Listrik dengan Performa Ciamik (1)

By: VMX Media | 12/10/2023 | 167
Siap Taklukkan Medan Ekstrem, Inilah Motor-motor Trail Listrik dengan Performa Ciamik (1)

BANDUNG, VMXMedia.ID – Industri kendaraan bermesin listrik di Indonesia tengah menggeliat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, di segmen roda dua, hanya sedikit pabrikan yang menyediakan unit berkonsep trail atau off-road.

Nah, buat braaapers para off-roader sejati, Jalantikus.com punya deretan rekomendasi beserta spesifikasi dan harga motor trail listrik yang bisa dibeli. Dijamin tak kalah garang dari motor bensin, lo.

1. Viar E Cross
Viar E- Cross merupakan motor listrik produksi Viar yang ikut mengusung gaya dual purpose. Menariknya, motor ini punya bobot yang sangat ringan karena semua frame-nya terbuat dari aluminium.

Dengan frame seperti itu, bobot motor ini pun menjadi sangat ringan, yaitu hanya 50 kg saja. Meski ringan, beban maksimal untuk orang yang mengendarainya diklaim bisa hingga 150kg.

Soal performa, motor trail listrik buatan Indonesia ini boleh diadu. Bahkan, Viar mengklaim jika motor ini punya tingkat efisiensi hingga 4 kali lipat dibanding kendaraan konvensional lainnya.

Adapun kapasitas baterai yang diusung mencapai 32 Ah. Baterai tersebut bisa diisi hanya selama 3-6 jam dan bisa menempuh jarak maksimal hingga 100 km. Untuk kecepatan maksimalnya bisa mencapai 89 km/jam untuk medan tanah.

Tertarik membeli motor yang punya torsi setara 250cc tersebut? Perlu diketahui bahwa motor ini kemungkinan baru akan dirilis pada awal tahun 2024. Harga resminya diprediksi berada di angka Rp50 jutaan.

2. Bima Enduro ECR-3000
Elbike Garage ikut meramaikan segmen motor listrik di Indonesia dengan menghadirkan Bima Enduro ECR-3000 yang berkonsep trail atau off-road.

Lantaran mengusung spesifikasi khas dual purpose, motor ini pun telah dibekali suspensi depan model upside down. Selain itu, bagian stang juga dibuat lebar, sementara di bagian kaki-kaki yang memakai pelek 17 inci dibalut dengan ban tapak kasar.

Untuk dapur pacunya, motor ini memakai baterai lithium 72 Volt 40 Ah yang posisinya berada di area tangki. Jadi sekilas, motor trail ini akan terlihat seperti motor bensin walaupun nyatanya bukan.

Menurut informasi, Bima Enduro ECR-3000 diklaim mampu mencapai kecepatan hingga 100 km/jam dan bisa menempuh jarak sejauh 90-100 km dalam kondisi baterai penuh. Untuk pengisian dayanya sendiri membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam.

Adapun power rate-nya ada di angka sekitar 60 Nm, yang kalau dihitung bisa setara dengan motor bensin bermesin 190-230 cc. Harga motor trail listrik ini sekitar Rp35-40 jutaan.

3. Volta Godam
Pabrikan motor listrik lokal, Volta, juga tak mau kalah. Kali ini, mereka menghadirkan motor trail yang dinamakan Volta Godam. Menurut informasi, motor ini bakal dijual secara luas ke masyarakat, walaupun hingga kini belum ada informasi kapan waktu yang tepat untuk diluncurkan.

Dari sisi fiturnya, Volta Godam sudah mengusung penerangan LED. Bahkan, lampu depannya bisa dibilang cukup besar. Sementara di bagian kaki-kaki ditopang dengan ban depan lingkar 21 inci dan belakang 18 inci.

Sementara untuk baterainya disuplai dengan jenis lithium-ion ganda berkapasitas total 72V 31 Ah. Baterai ini diklaim dibuat khusus untuk heavy duty dan tahan air hingga ketinggian 60 cm, lo, braaapers.

Dengan spesifikasi yang ada, Volta Godam disebut mampu menjelajah hingga 140 km dengan kecepatan puncak 96 km/jam dalam kondisi baterai yang terisi penuh.

Untuk harga trail listrik murah ini sendiri masih dirahasiakan oleh pihak Volta. Hmm, kira-kira berapaan, ya, braaapers?

Bersambung ke artikel berikutnya di seri kedua. (day)