Profile

Mengenal Bintang Terbaru Tim HRC dan Target Prestasinya. Siapa Dia?

By: VMX Media | 07/11/2022 | 533
Mengenal Bintang Terbaru Tim HRC dan Target Prestasinya. Siapa Dia?

NEWS.VMX.ID – HRC MXGP merekrut Ruben Fernandez untuk berkarier bersama motor besutan tim pabrikan Honda. Pembalap kelahiran Vigo, Galicia, Spanyol ini banyak berlatih di perbatasan Spanyol dan Portugal untuk mengembangkan kemampuan balapnya. Lebis spesifiknya, crosser yang lahir pada 21 Februari 1999 ini kerap berlatih motocross di sirkuit-sirkuit yang ada di Portugal.

Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan telah memperbarui kontraknya dengan Tim Gajser (25 tahun, Slovenia) dan Rubén Fernández (23 tahun, Spanyol). Kedua pembalap tersebut telah menandatangani kontrak bersama HRC untuk tahun 2023 dan beberapa tahun ke depan.

Ruben Fernandez sendiri telah menggeluti motocross karena terinspirasi dari sang ayah yang dulunya seorang pembalap andal di masanya. Ayahnya merupakan salah satu yang terbaik di antara pembalap-pembalap yang berasal dari Spanyol, Portugal, dan Argentina. Pada masa itu mengikuti kejuaraan di luar negeri adalah hal yang tidak biasa dan sebagian besar pembalap hanya mengikuti kejuaraan regional.

Sebagai seorang crosser, Ruben Fernandez mempunyai sirkuit favorit tersendiri, yaitu Aguenda di Portugal, sebuah sirkuit yang kebetulan berdekatan dengan kediamannya. Selain sirkuit tersebut, Rubem Fernandez juga memfavoritkan sirkuit Matterley Basin yang berlokasi di Inggris dan Kegums yang berada di Latvia.

Kejuaraan Dunia Junior 125 2015 di Spanyol menjadi perjalanan sukses Ruben Fernandez sebagai pembalap. Pada kejuaraan tersebut ia ketika meraih pole position, posisi ketiga di Moto 1, dan podium keempat secara keseluruhan.

Eksistensi Ruben Fernandez mengalami pasang surut berpindah antara EMX250 dan MX2 beberapa kali dan berpisah dengan F&H, tim besar pertamanya. Setelah itu, masa sulitnya berkarier sempat membuatnya pasrah dengan keadaan. Kemudian, datang satu kesempatan untuk tampil di kejuaraan Eropa. Tipikal pertarungnya muncul kembali dan memanfaatkan kesempatan itu untuk membuktikan diri menunjukan potensi sebenarnya.

Pada 2021 Ruben Fernández bergabung dengan tim MX2 Honda 114 Motorsports. Bersama tim tersebut, jiwa kompetitif Ruben Fernandez sukses mengatasi masa -masa sulitnya. Ia bahkan berhasil meraih podium pertama pada MX2 di Rusia 2021. Karakternya yang petarung bersinergi pas dengan besutan kompetitif dari Honda dalam meraih podium juara.

Gaya balap Ruben Fernández tergolong agresif. Ia memiliki kecepatan dan sangat jeli mengatasi kelemahan motor  besutannya. Ruben Fernández mengatakan bahwa dirinya merasa lebih nyaman di Honda CRF450R sebagai bekal untuk menyongsong kelas MXGP. Sejak naik levelnya dari MX2 ke MXGP, target Ruben Fernandez adalah akan membuktikan dirinya mampu mengatasi dan sukses bersama dengan besutan barunya di tingkat lebih besar.

Berkaitan dengan target 2023, baik dari segi hasil balapan maupun kejuaraan secara keseluruhan, Ruben Fernández termotivasi meningkatkan peraihan kemenangan dengan bekal dua podium tahun 2022. Targetnya dalam setiap putaran adalah meraih posisi tiga besar. Untuk bisa mengibarkan panji tim HRC di MXGP 2023, Ruben Fernandez akan berkolaborasi dengan tim Gajser.