Kenalan dengan Madi Diecie, Leader Trail Adventure asal Bandung

By: Angga Kuntara | 05/07/2023 | 224
Kenalan dengan Madi Diecie, Leader Trail Adventure asal Bandung

VMXMedia.IDBANDUNG dikenal memiliki wisata alam yang menarik perhatian banyak orang. Baik masyarakat dalam, maupun luar Bandung. Tak terkecuali, wisata trail adventure.

Bagi yang tertarik ngetrail di wilayah Bandung Raya, braaapers bisa berkenalan langsung dengan “sang empu-nya wilayah”, Madi Diecie. Madi adalah leader dalam trail adventure di wilayah Bandung Raya.

Madi melakukan trail adventure pertama kali sekitar tahun 2008, namun baru menjadi leader pada 2017. Pekerjaannya sebagai leader dalam trail adventure berawal dari hobi melakukan trail adventure.

Dalam sebulan, Madi menerima pekerjaan sebagai leader minimal tiga kali. Biasanya, ia menerima pekerjaan tersebut di akhir pekan, mengingat di akhir pekan banyak orang yang melakukan trail adventure untuk refreshing.

“Misalkan ada beberapa orang dari luar kota, ingin ngetrail di Bandung, kan mereka nggak tahu jalurnya. Tugas saya sebagai leader adalah meng-guide mereka,” ujar Madi kepada VMX Media, beberapa waktu lalu.

Madi mengungkapkan, jalur yang paling sering dilaluinya ketika ngetrail adalah wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), dengan jalur start di Kota Baru Parahyangan dan finis di Cikalong Wetan.

Madi mengatakan, untuk menjadi leader tidak ada persyaratan khusus. Baginya, yang paling penting adalah memiliki skill berkendara motor trail yang baik dan mengetahui jalur yang akan dilalui dengan benar.

“Biasanya kalau leader itu juga sistemnya masih dari mulut ke mulut. Misalkan rombongan A ngomong ke rombongan B ‘kalau mau ngetrail di KBB sama si Madi aja, enak jalurnya”, ujarnya.

Madi mengaku, dalam menjalankan pekerjaannya sebagai leader, ia tidak mempersoalkan masalah biaya. Baginya, bisa menjalin silaturahmi antar sesama pengendara trail adventure, terutama dari luar kota pun sudah cukup.

“Secara penghasilan lumayan lah. Terus terang, saya nggak pernah memberikan tarif. Misalkan ada yang nanya ‘Kang Madi mau dibayar berapa?’, saya jawab ‘harus lihat dulu gimana jalurnya’ begitu,” ujarnya.

Selama menjadi leader, Madi mendapatkan banyak sekali cerita unik dari para pengendara yang pernah dipimpinnya ketika ngetrail, terutama dari pengendara yang baru memulai adventure.

“Pernah ada peserta yang sebelum mereka mulai off-road, malamnya mereka nonton video di Youtube tentang tutorial cara berkendara trail adventure. Paginya pas adventure, mereka kurang tidur gara-gara semalam nonton video itu di Youtube. Pas dipraktekkan, ternyata malah beda dari yang ditonton,” ujar Madi sembari tertawa.

Jika braaapers tertarik untuk ngetrail di wilayah Bandung raya, tapi belum tahu jalur yang akan dilalui, jangan sungkan untuk menghubungi Madi melalui profil Instagram-nya yang bisa kamu klik di sini yaa.