Profile

Gunnar Lindstrom Pembalap Kelahiran Swedia Sukses dan Populer di Amerika

By: VMX Media | 01/02/2022 | 966
Gunnar Lindstrom Pembalap Kelahiran Swedia Sukses dan Populer di Amerika

VMX.ID – Gunnar Lindstrom pembalap Legendarsi kelahiran di tahun 1943 di Swedia, berasal dari keluarga petani dan menjadi tertarik pada motor pada usia yang sangat muda. Sebagai seorang remaja, dirinya gemar berkendara berkeliling wilayahnya bareng kawannya yang lebih tua usianya.

Aturan di Swedia melarang ketat pengendara dibawah usia 16 tahun untuk berkendara sepeda motor. Lindstrom dibesarkan tidak jauh dari pabrik Husqvarna, dan ambisi masa kecilnya adalah merancang sepeda motor untuk perusahaan itu.

Segera setelah dia berusia 16 tahun, Lindstrom mulai balapan di semua jenis kompetisi sepeda motor di Swedia, balapan dengan sepeda jalanan yang dia modifikasi menjadi mesin off-road. Balapan pertamanya adalah acara uji coba. “Saya tidak tahu apa-apa tentang uji coba, tetapi saya hanya senang melukis nomor di sepeda motor saya dan mengatakan bahwa saya adalah seorang pembalap.” bilangnya.

Pada awalnya, Lindstrom belajar ilmu pertanian di perguruan tinggi, dengan gagasan untuk tetap dalam bisnis keluarga. Namun, dirinya segera memutuskan untuk mengikuti mimpinya dan beralih ke teknik. Selama kuliah, ia melanjutkan balapan enduro dan motorcross, dengan sukses besar.

Setelah lulus dari perguruan tinggi, Lindstrom memenuhi ambisi seumur hidupnya dan bekerja untuk Husqvarna. Pekerjaan pertamanya u adalah sebagai test rider pabrikan Husqvarna. Tugasnya adalah riding menguji dengan target 200 kilometer per hari, sepanjang tahun dan selama bulan-bulan musim dingin yang panjang di SwediaBahkan motornya Lindstrom kemas dengan kelengkapan outrigger ski. Tugasnya kemudian ke divisi teknik, untuk mengembangkan sasis dan suspensi.

Kepercayaan diri Gunnar Lindstrom dan skill nya membuat dirinya populer dan menjadi pembalap Amerika. Photo : John Berthes I Cycle News

Karier balap Lindstrom berlanjut, dan ia menjadi salah satu pebalap motocross top Swedia dan juga berkompetisi di balapan motocross Grand Prix tertentu di seluruh Eropa. Di penghujung tahun 1967, kehidupan Lindstrom berubah secara tak terduga ketika ia diundang untuk balapan di seri motocross yang diadakan selama off-season di Australia dan Selandia Baru. Saat berada di sana, dia bertemu dengan pembalap ternama off-road asal Amerika J.N. Robert Lindstrom. Juara beberapa balapan di seri Australia dan Selandia Baru, memintanya untuk datang ke Amerika untuk bergabung dengannya di Mint 400. Hasilnya duet pembalap ini memenangkan kejuaraan Mint dan memperoleh hadiah $4100. Saat itu Lindstrom pertama kali mendapat hadiahhasil balapannya dan dibayar tunai.

Efek positif, kiprah balap Lindstrom di Amerika membuat penjualan Husqvarna meningkat di tahun 1969. Sejak saat itu, Husqvarna menempatkan Lindstrom menangani Husqvarna diNew Jersey Amerika Serikat. Saat bertugas disana, Lindstrom banyak bertugas di lapangan menangani kepala teknisi Husqvarna Amerika.

Selama akhir 1960-an, motorcross benar-benar mulai lepas landas di Amerika, dan Lindstrom adalah salah satu pembalap top di awal seri kejuaraan AMA. Dia memeperoleh posisi enam kejuaraan selama tahun 1970, tahun pertama dari Trans-AMA Series. Pada tahun 1971, Lindstrom berada di urutan ketiga full seri kejuaraan AMA 250cc. bahkan Lindstrom telah di akui sebagai pembalap Amerika dengan alasan telah berdomisi permanen di Amerika. Kepopuleran akan prestasi dan eksistensnya di Husqvarna membuatnya menjadi sampul majalah Cycle News edisi 1972. Sebuah kenyataan, hobi tidak bisa terbendung untuk meraih kepopuleran.