Kenalan dengan Vicki Golden, si Cantik yang Hobi Freestyle Motocross

By: Angga Kuntara | 08/09/2023 | 214
Kenalan dengan Vicki Golden, si Cantik yang Hobi Freestyle Motocross

VMXMedia.ID – CANTIK, tangguh, dan perkasa. Itulah tiga kata yang menggambarkan pembalap asal Amerika Serikat, Vicki Golden. Di antara para pembalap motocross wanita internasional lainnya, pembalap kelahiran 28 Juni 1992 ini, dikenal yang paling gemar melakukan freestyle motocross di berbagai kesempatan balap. 

Golden mengawali karir sebagai pembalap motocross pada tahun 2000. Darah pembalap mengalir deras dari pembalap kelahiran San Diego ini. Tidak lain dan tidak bukan, sang ayah dan kakak laki-lakinya, adalah seorang pembalap. 

Ia pertama kali melakukan balap motocross ketika berusia 7 tahun. Pada awalnya, Golden balapan satu kelas dengan laki-laki, lantaran saat itu tidak cukup banyak jumlah perempuan yang mengikuti balap sehingga tidak dibikinkan kelas khusus wanita. 

Golden pun kemudian menjadi pembalap wanita yang sukses melakukan debut di berbagai kesempatan. Di antaranya, sebagai pembalap wanita pertama yang berkompetisi di ajang Freestyle Moto X Competition, pembalap wanita pertama yang mencapai posisi 10 besar di ajang AMA Arena Cross Lites Main, dan pembalap wanita pertama di ajang Monster Energy AMA Supercross yang memenuhi syarat untuk balap di kategori “Fast 40”. 

Salah satu aksi Vicki Golden dalam melakukan freestyle motocross (image source: instagram.com/vgolden423)

Menginjak usia 16 tahun, Golden berhasil menyabet kemenangan pertamanya di ajang Loretta Lynn’s Amateur Motocross National Championships 2008. Atas kemenangannya tersebut, ia kemudian menjelma menjadi pembalap motocross profesional di usia 17 tahun. 

Kemenangan yang diraih Golden tak berhenti sampai situ. Ia kemudian berhasil meraih tiga kali medali emas secara berturut-turut di ajang X Games 2011, 2012, dan 2013, serta medali perunggu di ajang Freestyle Moto X Competition untuk kategori Best Whip Category 2013. 

Hingga saat ini, Golden masih kerap melakukan freestyle motocross di berbagai kesempatan. Hal ini terlihat dari berbagai unggahan di akun Instagram pribadinya. Bahkan, pada Maret lalu, ia sempat mengajar balap motocross dalam sebuah event khusus bertajuk Over and Out: Girls Camp with Vicki Golden, yang diselenggarakan di Fox Raceway, sebuah trek off-road di California.  

Kira-kira, gebrakan apalagi yaa yang akan dilakukan Vicki Golden selanjutnya? Kita tunggu saja update-nya yuk, braaapers!