Sheva Ardiansyah Jadi Satu-satunya Perempuan yang Berlomba di Kelas MX 125cc, Seperti Apa Sepak Terjangnya?

By: Delisti Putri Utami | 05/05/2023 | 899
Sheva Ardiansyah Jadi Satu-satunya Perempuan yang Berlomba di Kelas MX 125cc, Seperti Apa Sepak Terjangnya?
Motocross Bukan Hanya Olahraga Pria: Inspirasi dari Pembalap Wanita yang Berani dan Berprestasi (Foto: instagram.com/shevaardiansyah75)

VMXMedia.ID – SHEVA Anela Ardiansyah merupakan pembalap perempuan asal Yogyakarta yang akan turut meramaikan Kejurnas GTX-MX Kasal Cup JC Supertrack 2023. Di event tersebut ia akan bertanding di kelas MX 125cc, salah satu kelas Kejurnas Junior Motocross 2023.

Menariknya, di kelas tersebut ia jadi satu-satunya pembalap perempuan yang akan berlaga, dengan melawan 12 pembalap laki-laki (menurut daftar peserta sementara). Kedua belas pembalap tersebut adalah Kemal Andrea, Agravino Nayottama, Michael Karnen, Desmont Jhonatan, Muhammad Arsenio Algifari, Zidan Rakhmadan, M. Kaisha Raffa Sregar, Hugo Lamare, M. Rizky Ramadhan, Koko Indra Kumara, Ivan Valrossi Tertia Wahyu Maniadi, dan Ariel Ibrahim Soleh.

Selama ini, anak mendiang Irwan Ardiansyah ini memang dikenal sebagai satu-satunya pembalap perempuan di kelasnya. Oleh karena itu, saat berlomba di berbagai event motocross Indonesia, ia selalu bertanding melawan laki-laki.

Secara karier, Sheva memulai debutnya sebagai pembalap sejak berusia 6 tahun, tepatnya pada 2012 lalu. Saat itu ia mengikuti kejuaraan motocross kelas 50cc di Yogyakarta. Ketika naik ke kelas 65cc Sheva telah mengikuti puluhan kejuaraan balap motocross, bahkan saat itu ia masih tercatat sebagai pembalap perempuan satu-satunya di kelas 65cc. Di kejuaraan motocross kelas 65cc pertamanya, Sheva berhasil meraih podium 2.

Untuk bisa mengembangkan kemampuan balapnya, Sheva selain mengikuti training di sekolah balap milik keluarganya, juga mengikuti training motocross di luar negeri. Pada 2018 ia menimba ilmu balap di Jim Holley Motocross Training Camp di Amerika Serikat dan awal 2019 di Spanyol.

Pembalap dengan nomor start #75 ini selain aktif mengukir prestasi di dalam negeri, juga aktif mengukir prestasi di luar negeri. Beberapa prestasinya yaitu peringkat 2 kelas 65cc Novice Kejurnas Motocross di Cibinong, peringkat 1 Indiel Series 2018 kelas 50cc 2 Tak di Semarang, peringkat 4 Kejuaraan GTX & MX Championship RD 1 kelas 50cc 2 Tak di Blitar, posisi 1 Loretta Lynn Area Qualifier Los Angeles, posisi 4 Supercross Future Las Vegas 2019,  juara di Kejuaraan Mini Major 2021  kelas Girls 85/Supermini 12-16 tahun.

Wah, keren banget, ya, pembalap motocross perempuan satu ini. Good luck untuk pertandingannya, ya, Sheva!