NEWS.VMX.ID – Setang adalah sentral penerus filling dan handling pengendara dalam berbagai momen bermanuver. Apa saja yang terdapat dan terkandung dalam sebuah setang ? simak detail uraiannya.
Oleh para insinyur setang di rancang dengan tingkat kekuatan dan fleksibilitas. Aluminium telah menggantikan baja chromoly sebagai bahan pilihan para insinyur. Aluminium memiliki kekuatan yang sama dan lebih fleksibel berikut bobotnya sepertiga berat batang baja. Setang juga dapat ditempa untuk kekuatan yang lebih besar, tanpa biaya fleksibilitas.
Kelas aluminium paling populer untuk setang adalah seri 2014, seiring perkembangan teknologi motor, beberapa pabrikan menggunakan aluminium seri 7000. Seri 7075 adalah grade aluminium terkuat yang tersedia secara komersial, tetapi grade 7010 dan 7050 memiliki ketangguhan yang lebih baik.
Untuk setang lebih strategis menggunakan tabung berdiameter 7/8 inci berkaitan dengan diameter selongsong handgrip. Untuk motor kompetisi diameter 7/8 tidak cukup kuat, kemudian diakali dengan palang yang di las permanen. Tetapi pengelasan akan membahayakan kekuatan batang aluminium, sehingga palangnya dijepit. Crossbars mendukung setang ke arah atas/bawah, tetapi tidak efektif dalam arah maju/mundur.
Cara terbaik untuk meningkatkan kekuatan batang adalah dengan meningkatkan diameternya. Tapi, karena bagian pegangan dan kontrol harus 7/8 inci, palang harus diruncingkan. Bilah1-1/8 inci terbilang kebesaran, ada juga yang membuat bilah 1-3/8 inci. Oleh para insinyur dikombinasikan diameter batang untuk handgrip 7/8 setelahnya berdiameter lebih besar antara 1-1/8 sampai 1-3/8. Banyak pabrikan batang yang memanipulasi ketebalan dinding untuk memberi lebih banyak kelenturan ke arah ujung batang yang meruncing.
Desain batang paling kaku adalah palang 1-1/8 inci dengan palang, diikuti oleh palang ukuran super seperti Easton.
Untuk lebih menambah penampilan dan lebih tahan korosi, setang dilapisi pewarnaan anodize. Pewarnaan anodize pada setang bagian luar lebih tebal dan pelapisan anodize tipis dibagian dalam, agar menjaga kontaminasi. Dan ujung setang diberi bandul penutup sekaligus balacer setang.
Ada empat ukuran yang menggambarkan lekukan setang. Lebar diukur dari ujung ke ujung dan biasanya 800mm (31,5 inci) untuk sebagian besar batang setang. Untuk ukuran tinggi dan lebar tekukan bervariasi untuk menyiapkan karakter riders.
Saat memasang setang, pastikan klem dan batang harus bersih dan baut dikencangkan secara merata. Jika satu sisi diturunkan dan yang lainnya tidak, itu dapat mengakibatkan permukaan penjepit setang menjadi lonjong
Jangan pernah mencoba memperbaiki batang aluminium yang bengkok dengan menekuknya kembali ke bentuk aslinya. Setelah ditekuk melewati titik luluh, batang akan memiliki penambah tegangan dan mengakibatkan bentuknya berubah . Hal yang sama berlaku untuk baja, meskipun baja memiliki sifat kelelahan yang jauh lebih baik dan dapat menahan lebih banyak tekukan sebelum mengalami kegagalan.
Secara teknis, setiap torehan di bagian luar stang dapat membuat titik lemah. Setang modern dapat menahan beberapa tekanan seiring dengan akselerasi pengendara. Meski tidak ada tanda – tanda keausan, tetapi aluminium rentan terhadap kerusakan. Disarankan, sebaiknya mengganti setang setelah digunakan berkompetisi dari beberap putaran kejuaraan. Hindari setang terkena suhu 350 hingga 400 derajat, karena perlakuan panasnya akan mengakibatkan perubahan kontur.