MATTIGHOEFEN, VMXMedia.ID – CEO KTM Group, Stefan Pierer, kerap tepat dalam mengantisipasi evolusi pasar roda dua. Kisah sukses pabrikan Austria tersebut selama 20 tahun terakhir, adalah bukti terbaiknya.
Dalam hal mesin listrik, Pierer memiliki visi yang sangat jelas ke mana pasar harus diarahkan. Baru-baru ini, Pierer berbicara tentang mesin listrik, di mana tenaga termal tampaknya akan segera dihentikan.
KTM adalah pelopor dalam hal mesin listrik. Pabrikan tersebut telah lama menawarkan freeride elektrik, yang dalam beberapa tahun terakhir telah ditambahkan berbagai mesin mini populer yang ditujukan untuk para juara pemula.
Pierer percaya pada masa depan kelistrikan, dan memiliki pandangan yang sangat kuat tentang masalah ini. Menurutnya, KTM akan terus berinvestasi di segmen ini, tetapi dengan cara yang diperhitungkan.
Pierer sering menjelaskan banyak pertanyaan publik soal motor listrik KTM Group. “Kita berbicara tentang kepadatan energi, yaitu 0,8 kilogram per liter dalam dalam mesin pembakaran. Untuk mendapatkan kerapatan energi yang sama dengan baterai lithium-ion, bobot ini harus dikalikan sepuluh,” ujarnya.
“Saya mengendarai motor enduro dengan 9 atau 10 liter bensin di dalamnya. Di mana saya harus meletakkan 100 kilogram untuk mendapatkan ekuivalen listrik? Mungkin di ranselku atau di rak bagasi?” kata Pierer setengah bertanya.
Selama 15 tahun, Pierer telah melihat banyak perusahaan yang memulai motor listrik dan menghabiskan banyak uang. Faktanya, mereka tidak layak secara komersial. Tetapi jika menyangkut baterai kecil, itu berbeda. KTM Group menjual sepeda motor trail elektrik anak-anak dengan baterai kecil. Hal tersebut membuat margin KTM tetap terjaga.
Model generasi berikutnya dari KTM, akan hadir di tahun 2024. Bahkan, beberapa daerah wisata telah melarang berkendara motor dengan mesin bahan pembakaran internal.
Stefan Pierer menyimpulkan, dengan KTM mendekati pasar motor listrik tiga tahun lalu, bisnis e-bike telah menjadi besar. Hari ini merupakan pasar yang penting bagi KTM Group.
Akankah motor listrik KTM memberi dampak lebih pada dirt bike dunia? Kita tunggu aksinya! (nan)