NEWS.VMX.ID – Motor wajib mendapat perhatian lebih dalam hal perawatan bagian kaki-kaki. Peranti kaki-kaki motor adalah bagian sangat penting dalam hal keamanan dan kenyamanan berkendara. Pastinya berada paling bawah dan terdekat dengan berbagai jenis lintasan.
Bagian kaki-kaki diantaranya roda, suspensi, swing arm dan ban ayang terbagi dalam beberapa bagian. Bagian vital pada kaki – kaki adalah pengikat berbentuk as yang terdapat pada roda, suspense dan lengan ayun. Sudah pasti bagian tersebut rawan terserang kotoran atau debu yang menempel. Terutama setelah hujan reda, bagian as sokbreker yang langsung terkena debu berikut kotoran. Makanya wajib dibersihkan setelah beres berkendara untuk menghindari terjadinya kebocoran pada shockbreaker depan.
Bahayanya, jika karet seal rusak dan dibiarkan dalam waktu lama, membuat oli merembes kebagian lingkar as sokbreker dan menetes hingga mengenai perangkat rem. Alhasil daya cengkeram rem tidak maksimal akibat terkena tetesan peluma sokbreker.
Ada beberapa faktor penyebab kondisi sokbreker bermasalah dan cepat rusak. Antara lain, karena motor terlalu sering melintasi jalan rusak, atau membawa beban berlebihan. Makanya wajib rutin dibersihkan pada area kerja sokbreker, Hindari part aksesoris tambahan yang kurang berfungsi dalam hal dukungan performa, Hindari membawa beban berlebihan melebihi kapasitas rekomendasi pabrikan, Mengganti pelumas suspensi agar maksimal menyerap getaran mekanisme Gerakan suspensi, Disarankan melakukan pergantian pelumas setiap 20 ribu km, atau 2 tahun sekali, dan sesuai aturan, agar kinerja dan hasilnya seimbang.
Kewajiban menjaga kerbersihan suspense, agar kotoran yang menempel di area kerja suspensi tidak menyebabkan lecet pada inner tube atau batang suspensi. Membersihkan suspense setelah berkendara adalah hal tepat, apalagi berkendara saat hujan, Sifat korosi air hujan bisa merusak suspensi secara perlahan-lahan.
Untuk bagian rantai dan gear, Apabila kondisi gear sudah lancip dan rantai sudah kendur, maka pengendara sebaiknya melakukan penggantian di bengkel kepercayaan Anda ya. Perhatikan juga kondisi kabel gas dan kopling, pastikan kabel gas dan kopling tidak mengalami kerusakan atau seret. Apabila terjadi kerusakan, pengendara harus segera memeriksakan ke bengkel, karena hal ini dapat memicu kabel cepat putus akibat adanya gesekan.
Lanjut ke bagian kaki-kaki lainnya yaitu ban. Pehatikan tekanan angin ban dengan volume angin sesuai dengan kebutuhan ban. Jika terlalu kempis membuat motor menjadi berat berakselerasi dan boros bahan bakar.
Yang berikutnya adalah perangkat rem, periksa kondisi disc pad atau kampas rem, volume minyak rem, kondisi piston kaliper, Cek jenis Minyak rem. Jika semua itu diabaikan dalam kondisi buruk, akan berakibat resiko rem blong.
Kondisi rem cakram motor blong, peyebabnya karena titik didih cairan rem yang melewati batas. Selain itu ada beberapa hal lain yang menyebabkan fungsi rem cakram pada motor bekerja tidak maksimal. Juga penyebab utama rem cakram motor yang blong biasanya adalah kampas kondisi menipis. Juga faktor kesalahan dalam menggunakan minyak rem yang tidak sesuai rekomendasi. Karena tiap jenis minyak rem mempunyai titik didih berbeda ukuran derajatnya.
Kemudian berlanjut dengan memberi pelumas pada bagian engsel dan bagian bergerak lainnya yang telah dibersihkan. Juga disarankan setiap dua bulan sekali kaki-kaki dibersihkan lebih maksimal. Seperti sok belakang di lepas dan dibersihkan bagi dalamnya. Bagian bearing roda juga diperiksa untuk mengecek kondisinya. Dengan begitu, kondisi motor akan lebih optimal ketika diajak bermain adventure.