Bagaimana menghindari Motor Enduro Tergenang Saat  Menyeberangi Sungai ? Begini Triknya

By: VMX Media | 25/11/2022 | 441
Bagaimana menghindari Motor Enduro Tergenang Saat  Menyeberangi Sungai ? Begini Triknya

WARTECHNO.COM – Ketika aktifitas off-road bermotor, entah itu kompetisi enduro ataupun hobi adventure, pastinya menemukan jalur melintasi atau menyebrang arus sungai. Kedalamannnya relatif, bergantung ada cuaca dan sumbernya. Terlebih pada kompetisi Enduro, harus membekal  skill untuk mengindari motor terendam hingga berenang. Ada Teknik agar motor tidak tenggelam dan mengapung,saat menghadapi persimpangan air.

Wajib posisikan tubuh saat melintasi sungai., yaitu dengan posisi duduk berada dibelakang. Tujuannya daya mendorong bobot melalui pijakan kaki untuk menjaga traksi pada roda belakang dan menjaga agar ujung depan tetap ringan sehingga meluncur di atas bebatuan yang tidak terduga. Mendekati penyeberangan, sebelumnya air menilai seberapa kedalamannya.Kalau tidak terlalu dalam, bisa berakselerasi melintasinya, bersandarlah dan cobalah untuk menyeberanginya tanpa membuat air menimpa tubuh.

Saat mendekati anak sungai, jika melihat riak kecil, biasanya disebabkan oleh batu-batu kecil di bawah air, jadi itu tandanya tidak terlalu dalam. Terkadang juga bisa melihat dasarnya, tetapi harus berhati-hati karena air yang dangkal dapat dengan cepat berubah menjadi air yang dalam, sehingga perlu bersiap-siap.

Selalu berusaha untuk menjaga berat badan kembali dan mencoba untuk mengapungkan ban depan karena tidak tahu apa yang akan terjadi karena mungkin ada batu kecil di sana-sini. Roda bisa dibelokkan dan jika harus mungkin disarankan mengoleskan satu kaki, tapi itu lebih baik daripada turun. Cobalah untuk membuat power motor tetap halus dan stabil.

pengendara motor trail menyeberangi sungai dan membuat percikan besar, jadi wajib memainkan throttle dengan halus. Anggap saja,seolah-olah sedang melintasi batu licin. Mengatur tenaga motor yang terbaik posisikan berada di bagian tengah powerband.

Jika ingin throttle sangat halus dan menjaga traksi,Jadi kalau bisa, coba tarik sedikit mesinnya. Dengan begitu akan memiliki daya tarik lebih besar. Tetaplah pada throttle dan jika ingin mendapatkan sedikit defleksi dari batu, atau melihat sedikit lubang di ujung sungai, akan memiliki kekuatan cadangan untuk dapat keluar dari situ. Tetapi posisikan tidak terlalu agresif karena hanya akan berputar.

Pertahankan rpm di kisaran menengah dan selalu perhatikan kopling jika  membutuhkan ledakan daya yang cepat.Selalu menjaga kopling saat berkendara melintasi air.

Power mesin ditingkat lebih banyak kekuatan untuk mencoba mengangkat bagian depan, untuk mendapatkan sedikit cengkeramnya. Juga mencengkeramnya jika menabrak sesuatu yang tidak dilihat dan harus mengoleskannya, perlu sedikit jentikan kopling untuk membuatnya tetap bergerak maju. Bisa memasukkan kopling dan menyelipkan. Biasanya akan lebih mengontrolnya dengan throttle, tetapi kopling selalu menjadi cadangan, untuk dapat mencengkeramnya.

Melintasi sungai dengan kecepatan tetap dan pilih target dan harus terus-menerus memindai air dari depan roda sampai mencapai tanah kering. Pandangan dibagi ke bawah dan pandangan untuk melihat ke depan, untuk memastikan tidak akan menabrak sesuatu yang besar dan tersembunyi di dalam air.

Terakhir, ketika menyeberang dengan debit air lebih dalam, posisikan menjaga power motor lebih lambat, untuk air yang dalam. Menghindarkan percikan air sampai kemesin dan masuk ke filter udara. Kesulitannya mengatur ritme kecepatan dalam setiap detik sangat berarti. Dapat menghemat satu atau dua detik dengan Teknik meledakkan power mesin saat melalui sungai. Jadi, harus menempatkan jari-jari kaki mengarah ke atas dan manfaatkan sol bagian bawah sepatu boots untuk menahan ier agar tidak melewati mesin.