AMA Berikan Chase Sexton Gelar Monster Energy Supercross Champion di Final AMA Supercross Championship 2023

By: VMX Media | 15/05/2023 | 249
AMA Berikan Chase Sexton Gelar Monster Energy Supercross Champion di Final AMA Supercross Championship 2023

SALT LAKE CITY, VMXMedia.IDEvent supercross terbesar dunia AMA Supercross Championship akhirnya memasuki putaran terakhir alias final untuk musim 2023 pada Sabtu (13/5), di Rice-Eccles Stadium, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Musim ini juga menandai 50 tahun peringatan AMA Supercross Championship sejak kemunculan pertamanya pada 1973.

Babak final event ini melahirkan dua pembalap unggulan yang berhasil melaju ke podium 1, yaitu Chase Sexton di kelas 450SX dan Jett Lawrence di kelas 250 SX. 

Dilansir supercrosslive.com, dalam kelas 450SX, Chase Sexton terlihat mendominasi balapan sejak race dimulai. Hal ini terlihat dari ketika ia mengambil holeshot mendahului para rivalnya. Mulanya, Adam Ciancarulo berada di posisi kedua. Namun, dalam tiga menit terakhir, Aaron Plesinger mengambil alih posisi Adam Ciancarulo, disusul Justin Hill di posisi ketiga. 

Sayangnya, di kelas ini pula, pembalap tim Progressive Insurance ECSTAR Suzuki, Ken Roczen, mengalami kecelakaan pada bagian lututnya. Kecelakaan tersebut membuat keinginannya untuk melaju ke posisi tiga besar kandas. 

Di podium, AMA memberikan Chase Sexton gelar Monster Energy Supercross Champion. Pemberian gelar tersebut dilakukan karena ia memasuki balapan dengan kejuaraan yang dimenangkan secara matematis.

Dalam kelas 250SX, Jett Lawrence mengambil holeshot pertama. Sayangnya, ia disusul RJ Hampshire yang kemudian memimpin race. Persaingan sengit pun terjadi antara Jett Lawrence, RJ Hampshire, dan Levi Kitchen di tengah hujan besar yang melanda sirkuit. Hingga akhirnya, Lawrence berhasil melaju ke podium pertama.

Pada total point dalam kelas 450SX, pembalap utama Monster Energy Yamaha Racing Eli Tomac berhasil meraih posisi kedua dengan total poin 339. Diketahui, pembalap utama Monster Energy Yamaha Racing ini mengalami cedera pecah tendon achilles akibat crash yang dialaminya di putaran ke-16 AMA Supercross Championship 2023, akhir pekan lalu.

Selamat yaa, Chase Sexton dan Jett Lawrence! (raf)