BANDUNG, VMXMedia.ID – Setahun setelah membawa 450 Rally mereka ke Amerika, Kove sudah mengisi ulang dengan model baru yang menjanjikan penawaran unik di segmen ADV kelas menengah. Senjata terbaru mereka adalah Kove 800X Rally, sepeda motor petualangan dua silinder yang berfokus pada off-road. Spesifikasinya mengesankan, dan dengan berani mengarahkan bidikannya ke pemain mapan di segmen tersebut. Mampukah merek China ini mendobrak kemapanan pemain lama?
Seperti dilansir advpulse.com, pertama kali diluncurkan di EICMA November 2023 lalu, Kove 800X Rally ditenagai oleh mesin kembar paralel 799cc yang menghasilkan tenaga 94 kuda dan torsi 59 ft-lbs. Spesifikasi tenaga model produksi akan ditingkatkan sekitar 6 HP lebih banyak dan torsi 9 ft-lbs.
Menawarkan ECU balap, 800X Rally memiliki berat hanya 162 kg dengan 1 galon bahan bakar. Dengan kapasitas total 5 galon, motor ini diperkirakan memiliki berat sekitar 173 kg dengan bahan bakar penuh, membuatnya jauh lebih ringan dibandingkan pemimpin di kelasnya seperti Yamaha Tenere 700 atau KTM 790/890 ADV Sebagai gambaran saja, 800X Rally memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan sepeda motor Kawasaki Versys-X 300 ABS yang berukuran kecil. Itu adalah rasio kekuatan terhadap berat yang mengesankan.
Tugas penyerapan benturan dilakukan oleh garpu besar berukuran 49mm yang memiliki travel 10,6 inci (270mm), sementara suspensi linkage di bagian belakang menawarkan travel 9,8 inci (250 mm). Kakinya yang panjang berkontribusi pada ground clearance 11,5 inci (293 mm) dan tinggi tempat duduk 35,2 inci (895 mm).
Motor ini menggunakan roda jari-jari tipe tabung 21/18” yang sama dengan yang digunakan pada model 450 Rally. Sepeda ini menggunakan roda belakang yang sempit untuk mengakomodasi ban belakang selebar 140mm, membuka opsi pemasangan karet enduro yang agresif. Roda anti kotoran mendukung penggunaan cush drive sementara penghematan bobot dapat dicapai dengan menjalankan satu rotor di bagian depan.
Sistem elektronik dijaga agar tetap minimum dengan layar TFT yang menawarkan Eco Mode dan Sport Mode. Namun motor ini tidak memiliki fitur kontrol traksi, ABS, atau kontrol jelajah. Untuk pusat gravitasi yang lebih rendah, tangki 5 galon membawa sebagian besar bahan bakarnya ke bawah dan di bawah jok. Ada juga ruang tersisa di bagian atas yang didedikasikan untuk airbox muatan depan. Paket ini dilengkapi dengan perlengkapan terbaik lainnya seperti stabilizer Scotts, knalpot titanium, dan klem rangkap tiga billet. Crash bar internal dibaut ke penyangga yang diikat ke bagian tengah rangka ditambah subframe dapat dilepas.
Motor ini juga akan hadir di Amerika dalam varian standar yang disebut 800X Adventure Pro, yang menawarkan opsi spesifikasi lebih rendah dan lebih jinak untuk pengendara petualangan. Meskipun beberapa spesifikasinya belum dirilis, varian ini memiliki travel suspensi yang lebih sedikit, jok yang lebih ramping, roda tubeless 21/18” yang lebih ringan, stabilizer standar, kontrol traksi, ABS, ECU yang berbeda, rak bagasi. (bisa juga ditambahkan pada varian Rally), pasak penumpang, rotor rem depan kembar, dan spakbor depan rendah.
Kove 800X Rally pertama kali akan hadir di Amerika sebagai model off-road saja sekitar Juli 2024. Versi jalanan bersertifikat untuk model standar dan Rally sedang dalam pengerjaan dan akan hadir di pasar pada musim gugur tahun ini.
Di Amerika 800X Rally akan memiliki MSRP sebesar USD 13,999 (Rp219 juta), sedangkan versi standar akan dibanderol dengan harga USD 9,999 (Rp156 juta). Kalau tiba di Indonesia, kira-kira berapa harganya ya? (day)