Tampil Berani, Inilah 5 Pembalap Motocross dengan Teknik Freestyle yang Luar Biasa (Bagian Kedua)

By: Ramadhan Abizar | 22/06/2023 | 212
Tampil Berani, Inilah 5 Pembalap Motocross dengan Teknik Freestyle yang Luar Biasa (Bagian Kedua)

VMXMedia.ID – MOTOCROSS terkenal dengan teknik berkendara dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, untuk melengkapinya, motocross juga menghadirkan teknik berkendara dengan gerakan spektakuler di udara, atau lebih dikenal dengan teknik freestyle.

Teknik freestyle kerap mengundang decak kagum siapapun yang menontonnya. Ada beberapa pembalap motocross dengan teknik freestyle yang membuat siapapun terpana. Siapa saja mereka? Berikut adalah 5 pembalap motocross dengan teknik freestyle yang luar biasa (bagian kedua).

1. Ken Roczen

Ken Roczen (image source: redbull.com)

Ken Roczen adalah pembalap asal Mattstedt, Jerman. Sepanjang karirnya, ia telah meraih berbagai prestasi. Di antaranya, Juara MX2 FIM Motocross World Championship dan Dua Kali Juara Kelas 450cc AMA Motocross Championship.

Ken Roczen gemar melakukan freestyle. Di antaranya, ketika balapan dalam ajang Monster Energy Supercross 2020 dan Red Bull Straight Rhythm 2019.  

2. Tom Pages

Tom Pages (image source: motorsport.com)

Tom Pages adalah pembalap asal Perancis. Ia terkenal karena style dan trik yang unik dalam dalam melakukan freestyle. Pembalap bernama lengkap Thomas Pages ini berhasil meraih berbagai prestasi. Di antaranya, Juara Red Bull X-Fighters World Tour 2013 dan medali emas dalam ajang X Games Austin 2015.

Trik freestyle yang Pages hadirkan dapat dilihat dalam berbagai event yang diikutinya. Di antaranya, dalam ajang Red Bull X-Fighters 2015 dan X Games Sydney 2018.

3. Josh Sheehan

Josh Sheehan (image source: abc.net.au)

Josh Sheehan adalah pembalap asal Amerika Serikat. Ia dikenal dengan trik triple backflip ketika melakukan freestyle motocross

Pada awal 2015, Sheehan melakukan triple backflip pertamanya ketika balapan di Pastranaland — wilayah tempat tinggal pembalap freestyle motocross Travis Pastrana. Aksi triple backflip Sheehan juga dapat dilihat di X Games Sydney 2018, di mana ia berhasil mendapatkan medali silver

4. Scott Murray

Scott Murray (image source: vitalmx.com)

Jika Josh Sheehan terkenal dengan trik triple backflip, lain halnya dengan Scott Murray. Pembalap asal Michigan, Amerika Serikat ini, terkenal dengan trik double backflip dalam melakukan freestyle motocross

Pada 2002, Murray pertamakali melakukan double backflip di sebuah trek lokal di Michigan. Penampilan pertamanya dalam melakukan double backflip di hadapan publik adalah pada ajang X Games di tahun 2007. Sayangnya, ia mengalami crash. 

Setelah di ajang X Games 2007, Murray kembali melakukan double backflip dalam sebuah ajang supercross di Italia.

5. Gregg Duffy

Gregg Duffy (image soruce: youtube.com/Nitro Circus)

Gregg Duffy adalah pembalap motocross asal Maryland, Amerika Serikat. Ia dikenal dengan trik freestyle yang bertajuk double front flip

Penampilan pertama Duffy dalam melakukan double front flip adalah di ajang Nitro World Games 2016. Trik freestylenya membuahkan hasil, ia berhasil memenangkan kategori Best Trick dengan perolehan skor 96,60. Ia juga berhasil meraih Guinness World Record atas momen double front flip pertamanya. 

Tentunya, ada perasaan menakjubkan sekaligus ngeri dalam melakukan teknik freestyle ketika berkendara motocross. Jika braaapers ingin melakukannya, pastikan harus dalam pengawasan ahli yaa.