Kerugian dan Keuntungan dalam Silinder Lima Katup, Apa Saja yang Terjadi?

By: VMX Media | 26/06/2023
Kerugian dan Keuntungan dalam Silinder Lima Katup, Apa Saja yang Terjadi?

VMXMedia.IDADA pertanyaan publik yang diterima ahli motocross mengenai mana yang lebih baik, antara kepala katup pada silinder dengan jumlah port empat katup atau yang lima katup.

Banyak hal yang terjadi antara dua jumlah katup pada silinder ini. Mesin 4-tak modern, membutuhkan minimal dua katup per silinder, termasuk katup saluran masuk dan saluran keluar. Menambahkan lebih banyak katup akan meningkatkan area katup, aliran masuk, perambatan api, dan putaran sambil mengurangi massa bolak-balik. 

Mesin motocross lima katup paling terkenal ada di Yamaha YZ400/426/450s dari tahun 1998 hingga 2009. Selain itu, mesin Formula Satu Zakspeed OX88 V8 dan Judd OX10 V10 Yamaha menggunakan kepala lima katup dari tahun 1989 hingga 1996. Yang lebih menginspirasi lagi, kepala lima katup dimiliki mobil-mobil seperti Bugatti EB110, Ferrari F355/F50, Audi Quattro dan Skoda Octavia vRS.

Jangan dulu berpikir, satu-satunya pilihan dalam desain mesin adalah kepala silinder dengan empat atau lima katup. Banyak yang menggunakan kepala silinder dengan dua atau tiga kepala katup. Contohnya, konversi BSA dua katup mesin motor merek Weslake dan Honda tiga katup, dual-plug, kepala silinder.

Fakta unik mengungkapkan, Yamaha YZ400 1998 meminjam kepala Genesis lima katup dari mesin motor onroad Yamaha tahun 1984, dengan mesin lima katup yang memiliki tiga katup masuk dan dua katup buang per silinder. Pada mesin empat langkah modern, RPM maksimum dibatasi oleh ukuran katup terbesar. 

Mesin lima katup memiliki lebih banyak katup masuk daripada katup buang. Mesin ini juga memiliki lebih banyak area katup, serta bersifat lebih kecil dan lebih ringan. Perbedaan ukuran dan berat katup memungkinkan mesin lima katup berputar lebih cepat dan lebih tinggi.

Peralihan kembali ke kepala silinder empat katup terjadi pada Yamaha YZ450F 2010.  Alasannya, beralih ke desain empat katup memberikan para insinyur lebih banyak ruang untuk membentuk kembali ruang bakar, meningkatkan torsi, dan menurunkan daya di powerband.  Sedangkan RPM tinggi tidak sepenting dibandingkan keperluan torsi pada motor trail 450cc.

Jadi, sesungguhnya berapapun katup yang dimiliki, semua ada kelebihan dan kekurangannya. Braaapers lebih suka mesin silinder dengan dua katup, tiga katup, atau lima katup?