Mengenal FIM Supermoto World Championship, Event Supermoto Terbesar Dunia

By: Angga Kuntara | 07/07/2023 | 943
Mengenal FIM Supermoto World Championship, Event Supermoto Terbesar Dunia

VMXMedia.ID – JIKA balap road race memiliki MotoGP, dan motocross memiliki MXGP, supermoto memiliki FIM Supermoto World Championship. FIM Supermoto World Championship merupakan ajang balap supermoto terbesar dunia.

FIM Supermoto World Championship diprakarsai Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai bentuk dedikasi terhadap balap supermoto profesional. Event ini hanya memiliki satu kelas yang dinamakan S1GP (Single Class -red), yang memperlombakan supermoto berkapasitas mulai dari 250cc hingga 450cc. 

FIM Motocross World Championship pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002, yang terdiri dari berbagai seri dan diselenggarakan di beberapa negara di berbagai belahan dunia. Babak finalnya diselenggarakan di Cuneo, sebuah kota di Italia, dan memenangkan Thierry van den Bosch, pembalap supermoto asal Perancis.

FIM Supermoto World Championship 2023 di Sirkuit St. Mendel, Jerman, (10-11/6) lalu (image source: supermotos1gp.com)

Kesuksesan yang diraih pada musim pertama FIM Supermoto World Championship, membuat event ini akhirnya terus berkembang. Pada 2004, FIM menambahkan satu kelas tambahan bertajuk S2GP (Second Class -red), yang memperlombakan supermoto berkapasitas di bawah 250cc. Tambahan kelas tersebut bertujuan agar event ini mampu melibatkan pembalap dengan skill berkendara yang berbeda-beda. Kelas S2 hanya diperlombakan pada musim 2004 hingga 2009. 

Perhelatan FIM Supermoto World Championship telah melahirkan banyak sekali pembalap supermoto berbakat dan menjanjikan, seperti Boris Chambon, Adrien Chareyre, dan Thomas Chareyre. Nama yang terakhir disebut telah berhasil memenangkan event ini sebanyak delapan kali. 

Pembalap asal Perancis tersebut memulai debutnya di FIM Supermoto World Championship pada 2004. Ketika itu, ia mengikuti kelas S2GP dan tercatat sebagai pembalap termuda di kelas tersebut. Setelah kurang lebih enam tahun balapan, Thomas akhirnya memenangkan FIM Supermoto World Championship di tahun 2010.

Thomas Chareyre (image source: imoc.fr)

Keberuntunganpun kembali menyertai Thomas di FIM Supermoto World Championship 2012, manakala ia kembali berhasil merebut gelar juara. Setelah itu, ia berhasil meraih gelar juara secara berturut-turut pada gelaran FIM Supermoto World Championship 2014 hingga 2020. Pada 2007, ia sempat menduduki posisi ketiga, sedangkan pada gelaran tahun 2021 dan 2022, ia berjaya sebagai runner-up

Selama 21 tahun diselenggarakan, FIM Supermoto World Championship telah berhasil menciptakan penggemar yang luar biasa, baik yang mencintai jalur aspal dan tanah. Selain itu, event ini mampu menantang kepandaian para pembalap dalam menghadapi medan yang berbeda-beda dalam supermoto.

Di tahun 2023 ini, FIM Supermoto World Championship telah memasuki musim ke-20. FIM Supermoto World Championship 2023 berlangsung mulai 30 April hingga 8 Oktober mendatang. Adapun putaran selanjutnya akan diselenggarakan pada 16 Juli mendatang di Pleven, Bulgaria.