Begini Asal Muasal Motocross dari Sistem Pendinginan Udara ke Sistem Pendinginan Cairan

By: VMX Media | 26/06/2023 | 264
Begini Asal Muasal Motocross dari Sistem Pendinginan Udara ke Sistem Pendinginan Cairan

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.IDMIKE Gosselaar, mekanik kenamaan yang telah berpengalaman menangani motor pembalap seperti Steve Lamson, Ezra Lusk, Ricky Carmichael, Ryan Dungey, dan Chad Reed, menginformasikan salah satu pengubah permainan terbesar dalam sejarah mesin pembakaran, yaitu sistem pendinginan cairan.

Dilansir racerxonline.com, Sistem pendinginan cairan adalah subjek yang menjadi fitur pada motocross. Mekanik yang akrab disapa Gosse ini, telah bereksperimen menciptakan sistem kerja pendingin cairan pada YZ125 miliknya, menggunakan pendingin oli helikopter sebagai radiator.

“Saya memodifikasi sirip silinder, kecuali sirip bawah dan atas. Kemudian, mengelas dinding di sekelilingnya, dengan alur satu tinggi dan satu rendah. Siklus kinerja pendinginan cairan adalah: air akan mendidih, kemudian akan melewati selang atas menuju pendingin oli yang telah dipasang di garpu sebagai radiator. Lalu, motor akan menjadi dingin,” ujar Gosselar.

Hasil karya Gosse terdapat pada Kawasaki dan Honda yang diubah dari sistem pendinginan udara ke pendinginan cairan. “Saya tidak percaya seberapa cepat motor saya, dan secara konsisten juga lebih cepat,” kata Gosse.

Dengan mengubah motor ke sistem pendingin cairan, akan memungkinkan mesin bekerja lebih dingin, dan mesin yang lebih dingin berarti lebih sedikit ekspansi. Proses tersebut dapat mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hembusan tenaga keluar di sekitar sisi piston setelah terjadi pembakaran di silinder.

Sudah siap untuk mengubah sistem pendinginan motormu ke sistem pendinginan cairan?