Masa Depan Motocross Ada dalam Kotak Elektronik Kecil, Seperti Apa Yaa?

By: VMX Media | 16/06/2023 | 95
Masa Depan Motocross Ada dalam Kotak Elektronik Kecil, Seperti Apa Yaa?

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.IDBEBERAPA penemuan sejumlah alat dan teknik telah memajukan olahraga motocross secara signifikan. Marshall Plumb, mekanik motocross berpengalaman asal Amerika Serikat, hadir dengan membawa masa depan olahraga motocross dalam kotak elektronik kecil.

Teknisi yang pernah bekerja untuk Dunlop selama bertahun-tahun ini, telah berpengalaman menjadi mekanik motocross selama beberapa dekade. Ia pernah bercita-cita sebagai pembalap. Akan tetapi, Plumb lebih memilih untuk menjadi mekanik. Pria yang kini menggeluti bisnisnya bertajuk “Marshall’s Racing” ini, memprediksi evolusi berikutnya dalam motocross melalui teknologi dalam sebuah kotak kecil.

Menurut Plumb, manajemen data yang terhubung ke mesin, suspensi, hingga pengereman bersifat tidak terbatas. Manajemen data berpotensi menjadi pengubah permainan yang lebih besar dalam kompetisi, dan memberikan variabilitas tak terbatas. Potensi dari manajemen data tersebut tidak terbatas jika memiliki orang yang tepat di sisi perangkat lunak dan penelitian.

“Selama lima atau enam tahun ke depan, apa yang dapat kami lakukan hampir tidak terbayangkan. Kami sudah ada di sana dengan elektronik, dengan semua barang ECU yang kita miliki sekarang, sistem GET, sistem Vortex,” ungkap Plumb seperti dikutip racerxonline.com.

Plumb memberikan contoh-contoh inovasi dalam kotak kecil, yaitu merujuk pada bagian suspensi dan pengereman. Artinya, pembuatan suspensi dapat dikontrol secara elektronik agar dapat lebih peka terhadap kecepatan. Ada pula sistem yang memiliki partikel suspensi dalam oli shock, yang dapat dikontrol secara magnetis untuk mengubah viskositas oli. Tandanya, saat motor merasakan beban kecepatan tertentu pada suspensi, itu dapat langsung disesuaikan dengan situasi yang optimal.

Contohnya, GasGas MC 450F milik Jorge Prado, yang memiliki perangkat start di spatbor depan. Hal tersebut membuat Prado dapat mengetahui RPM optimal saat penurunan gerbang start.

Plumb dan timnya kini sedang memikirkan alat tentang mengontrol motor yang masuk ke tikungan dan rem belakang agar tidak selip dan dapat melaju dua mil per jam lebih cepat dalam setiap detik dan putaran.

Kita tunggu inovasi selanjutnya terhadap dunia motocross yang akan Plumb hadirkan yaa, braaapers!