NEWS.VMX.ID – Dalam berkendara, selain ergonomi, skill berkendara, mental berkendara dan bobot kendaraan berikut berat badan pengendara. Bobot kendaraan dan berat kendaraan berpengaruh akan efek kinerja perangkat mesin, suspense yang berujung pada sisi akselerasi dan kenyamanan berkendara. Perlu dan penting memahami teknis berat pengendara dan berat mass motor,terutama untuk kompetisi dan motor yang biasa berlomba di lintasan off road.
Pada titik di trek balap di mana massa memainkan peran yang tidak signifikan, tetapi dalam akselerasi, pengereman, suspensi, yaw, pitch, roll, dan kelelahan (baik pada motor maupun bodi), berat benar-benar penting.
Dengan berat unsprung mencakup bagian-bagian sepeda motor yang bergerak naik turun dengan suspensi di atas setiap gundukan di lintasan. Berat bagian pada motor meliputi ban, tabung, rotor, hub, jari-jari, pelek, sprocket, as, rantai, pemandu rantai, kunci pelek, kaki garpu, shock, kaliper rem, bantalan rem dan lumpur atau kotoran yang menempel pada bagian-bagian itu.
Berat pegas pegas berkaitan dengan sasis lengkap, termasuk semua bagian yang digantung di atas pegas suspensi, dianggap sebagai bobot pegas. Itu termasuk rangka, mesin, plastik, kontrol, sadel/jok, tabung garpu atas, bodi kejut, dan, anehnya, setengah dari berat pegas garpu dan pegas kejut. Ini disebut “bobot pegas” karena pegas digunakan untuk menahannya dan mengisolasinya dari gundukan yang ditabrak oleh roda.
Bagian semi-pegas dipasang ke roda di satu ujung dan ke komponen pegas di ujung lainnya. Garpu depan, misalnya, menghubungkan roda depan ke sasis. Rantai dari sproket countershaft ke roda belakang adalah bagian semi-sprung lainnya. Daftar ini juga termasuk shock belakang, swingarm dan linkage.
Cara menguji efek berat unsprung, diawali meluruskan lengan dan turunkan dengan cepat ke sisi tubuh, lalu angkat kembali. Kemudian ambil beban 10 pon di masing-masing tangan dan ulangi. Rasakan perbedaan nya? Dibutuhkan usaha yang sungguh-sungguh untuk meniru gerakan naik turun seekor burung dengan beban di setiap lengannya. Lengan digerakan lebih lambat dan lebih lamban saat mengubah arah. Selain itu, ketegangan menahan beban bisa dirasakan di bahu pengendara. Tidak ada keraguan bahwa pengendara dapat menggerakkan lengannya lebih cepat dan dengan lebih sedikit stres jika tidak memiliki beban tambahan yang melekat padanya. Sekarang, bayangkan lengan adalah lengan ayun motor. Berat 10 pon meniru massa roda motor. Lengan diibaratkan dengan lengan ayun, soket bahu di ibaratkan poros lengan ayun dan otot adalah peredam kejut. Ketegangan otot yang meningkat dan waktu reaksi yang lamban yang dirasakan tubuh dapat diekstrapolasi ke bagian mekanis suspensi motor. Berat ekstra pada bagian yang bergerak memiliki efek negatif pada kinerja suspensi.
Massa berputar, seperti memutar bagian atas, massa yang berputar tidak ingin berhenti setelah memulainya. Jika menyentuh gasing berputar saat berputar, gasing akan terbalik, lalu memantul kembali dan terus berputar. Semakin berat bagian atas, semakin sulit untuk menghentikannya agar tidak berputar. Analogi spinning-top dapat ditransfer ke sepeda motor. Semakin berat massa yang berputar, semakin besar keinginan sepeda motor untuk berdiri tegak. Efek ini akan bekerja melawan untuk menarik motor keluar dari kebiasaan ketika motor dimiringkan. Lalu, Pikirkan semua hal pada motor yang berputar, bukan hanya roda, tetapi cam, engkol, kopling, dan bobot roda gila. Selain itu, massa berputar kira-kira tiga kali lebih sulit untuk dipercepat daripada bobot pegas. Jika sebuah motor bisa menjatuhkan 10 pon berat roda (ban, tabung, hub, jari-jari, sprocket, baut) itu akan sama dengan pengurangan hampir 120 pon berat pegas.
Kemudian Sentralisasi massa, dengan memindahkan beban ke bagian tengah motor membantu menyeimbangkan dan membuat motor terasa lebih gesit. Berat massa terpusat memiliki efek yang lebih kecil pada kinerja motor dibandingkan dengan jumlah berat yang sama saat jaraknya lebih jauh. Contohnya pada motor Yamaha menurunkan bubungan di mesin YZ450F 2020 untuk memindahkan massa putar bubungan lebih dekat dan lebih dekat ke pusat mesin. Hasilnya adalah peningkatan kemampuan untuk menyandarkan sepeda di tikungan, memungkinkan putaran yang lebih cepat dan mulus.
Roda merupakan bagian dari efek gyroscopic dari roda yang membuat motor tetap lurus saat di udara. Misalnya, seperti melakukan cambuk dan memberikan lebih banyak gas di udara, dan roda belakang yang berputar lebih cepat akan meluruskannya. Jika ujung depan terlalu rendah di udara, berikan lebih banyak gas lagi untuk meratakan posisi motor. Jika ujung depan terlalu tinggi, tarik kopling dan tekan rem belakang untuk menjatuhkannya. Semakin berat bobot roda , semakin dapat melihat efek gyro ini.
Ukuran pengendara, meliputi tinggi dan berat pengendara akan mempengaruhi bagaimana motor menangani beban. Pengendara yang lebih tinggi dan lebih berat akan kesulitan mencondongkan motor di tikungan karena alasan yang sama dengan motor yang lebih berat tidak akan bisa membungkuk dengan mudah.
Salah satu solusi untuk mengurangi beban dan akselerasi motor dengan melakukan diet.Jika ingin menjalankan program diet pengurangan berat badan, pentingnya untuk mengingat aturan 6-ke-1. Dikatakan bahwa pengurangan 1 pon pada berat sama dengan pengurangan 6 pon pada berat pegas. Jadi, jika Anda akan menghabiskan uang untuk perangkat keras yan ringan, berkonsentrasilah pada bobot yang tidak dipasang.