Beresiko Kecelakaan, Inilah 5 Cara Memperbaiki Throttle Motor Trail yang Macet

By: VMX Media | 11/07/2023 | 225
Beresiko Kecelakaan, Inilah 5 Cara Memperbaiki Throttle Motor Trail yang Macet

VMXMedia.IDSEBAGAI penggemar off-road, throttle yang macet di sepeda motor trail bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Motor tidak hanya dapat kehilangan kendali, melainkan juga beresiko mengalami kecelakaan serius.

Dengan pengetahuan dan alat yang tepat, pengendara dapat dengan mudah memperbaiki throttle yang macet di sepeda motor trail. Ada beberapa kemungkinan penyebab throttle menempel atau terikat pada sepeda motor trail, yaitu:

  1. Kotoran yang menumpuk di tabung throttle

2. Kabel terkorosi. Seiring waktu, kabel throttle dapat berkarat.

3. Kabel aus. Saat kabel throttle aus, kabel dapat menjadi compang-camping atau tertekuk, yang dapat menyebabkannya menempel atau terikat.

4. Tabung throttle Rusak.

5. Slide karburator lengket.

Jika telah menemui berbagai kemungkinan di atas, throttle pada motor trail harus segera diperbaiki. Dilansir dirtbikes.com, ada 5 langkah yang dapat braaapers ikuti untuk dapat memperbaiki throttle. Berikut adalah penjelasannya.

1. Perhitungkan Situasi Ketika Berkendara

Jika throttle macet saat berkendara, segera tarik kopling dan rem. Agar lebih aman, menepilah ke pinggir jalan untuk mulai melakukan perbaikan.

2. Periksa Throttle

Setelah mulai melakukan perbaikan, periksa tabung dan kabel throttle untuk melihat tanda-tanda kerusakan atau keausan.

3. Bersihkan Throttle Tube

Jika kotoran menjadi penyebab masalah, bersihkan throttle tube dengan degreaser dan lumasi dengan pelumas berbasis silikon.

4. Periksa Kabel

Periksa kabel throttle, apakah ada tanda-tanda korosi, aus, atau kerusakan. Jika terbukti, pastikan untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Periksa Karburator

Periksa slide karburator, apakah ada tanda-tanda korosi atau kerusakan. Jika perlu, bersihkan atau ganti slide.

Dengan memahami kemungkinan penyebab throttle macet dan mengikuti tip perawatan ini, braaapers dapat lebih menikmati pengalaman off-road yang aman dan menyenangkan. Pastikan untuk selalu memperhatikannya yaa, braaapers. (nan)