Tips & Trick

Tips teknik Menguasai Tikungan di Trek Motocross

By: VMX Media | 20/05/2022 | 391
Tips teknik Menguasai Tikungan di Trek Motocross

NEWS.VMX.ID – Dalam kompetisi balap Motocross, kepiawaian menaklukan tikungan jadi kuncian jitu untuk meraih podium. Membangun teknik Motocross terutama keputusan yang tepat untuk mengambil sudut tikungan sangat penting dalam balapan. Dengan dasar Teknik yang baik, akan tercipta kemampuan ┬áberkompetisi lebih fighting meraih posisi terdepan.

Dalam balapan bisa kalah di trek tikungan , berarti peluang podium lebih kecil. Makanya banyak pebalap top dunia, selalu prioritaskan latihan intensif dalam meraih filling menikung yang tajam dan cepat.

Jika belum bisa menguasai teknik menaklukan tikungan jangan berkecil hati. Semua ada proses melalui latihan tepat waktu dengan latihan.

Juga ada kesimpulan dari menguasai Teknik menikung diluar pebalap professional, yaitu para pengendara hobi dirtbike. Motocross adalah olahraga fantastis yang membat semua orang tergila-gila. Makanya para penghobi dan fans motocross,melampiaskan keinginannya dengan sepeda motor trail. Dan opininya dari kebanyakan pengendara harus mencoba setidaknya sekali dalam hidup mereka. Mengetahui semua teknik dasar akan membuat perjalanan berkendara akan lebih menyenangkan, dan memacu adrenalin.

Menaklukan lintasan dengan rintangan berbagai karakter tikungan, hasilnya sangat membantu meningkatkan kecepatan secara keseluruhan dan meraih catatan waktu lebih singkat. Jika ingin benar-benar meningkatkan teknik menikung terbaik, dapat memantau panduan dibawah ini

 Persiapan Mendekati Tikungan

Wajib menentukan jalur sebelum memasuki tikungan. Jadilah se-proaktif mungkin. Sebelum masuk tikungan, rem dan berdiri (jika ada gundukan). Jangan menggunakan kopling saat bersiap untuk berbelok. Setelah menginjak rem, sesuaikan tubuh  ke posisi sejajar tempat duduk dan mencondongkan tubuh ke depan.

Saat Memasuki Sudut Tikungan

Tambahkan prioritas untuk tubuh dengan mengangkat siku. Fungsinya untuk membantu menambah struktur dan menjaga tubuh Anda tetap lurus. Kemudian, kaki bagian dalam harus keluar dengan jari kaki mengarah ke dalam. Kaki bagian luar harus berada di footstep, menggunakan lutut kaki untuk menambah beban ke bagian luar motor. Tetap menjaga posisi tetap aktif saat masuk, tetapi pastikan lengan dan tubuh bagian atas Anda rileks dan longgar.

Ketika memasuki tikungan berpasir, dusarankan harsu kuat  menjaga posisi siku ke atas untuk menstabilkan tubuh. Kemudian, menjulurkan kaki bagian dalam ke arah roda depan untuk menambah bobot pada ujung depan untuk traksi dan stabilitas. Selanjutnya, menjaga kaki bagian luar pada lutut dan siku kaki di footstep untuk menjaga berat di bagian luar kaki.

Saat Berada di Tikungan

Selama posisi di tikungan, usahakan kualitas menikung lebih Gerakan dan tindakan halus. Caranya, kendalikan motor menggunakan throttle, gunakan kopling sesedikit mungkin di sini untuk menghindari gagal menikung.

Lalu ketika ingin melangkah keluar tikungan, gunakan rem depan untuk mensetabilkan posisi motor. Tergantung pada performa motor, untuk menentukan seberapa keras atau lembut menarik tuas rem dengan aman.

Saat Anda Keluar Dari Tikungan

Saat mendekati sudut keluar tikungan, posisikan gas dengan lembut sambil mengembalikan kaki bagian dalam Anda ke footstep agar motor lebih terkendali.

Hal terpenting ketika mencoba mwnikung adalah fokus keberadaan posisi motor dan lintasan. Saatnya melihat lalu mengatur titik masuk tikungan. Saat ingin masuk, lihatlah posisi titk alur tikungan. Dan ketika akan keluar tikungan, lihat ke depan mengamati rintangan berikutnya.

Pengendara keluar dari tikungan. Pastikan kaki bagian dalam kembali ke footstep dan kembali mainkan putaran gas untuk keluar dari tikungan. Jangan panik ketika tanah berterbangan di belakang roda belakang saat menginjak gas di titik keluar tikungan.

Bagaimana Cara Menikung di Trek Bekas Tapak Roda

Sebuah sudut tikungan bekas tapak ban dapat menguntungkan dan merugikan pebalap. Untuk menaklukan ruts tapak roda membutuhkan pengalaman dan Teknik yang solid .

Teknik Koncian menaklukan tikungan bekas tapak roda dengan melepas rem belakang dan membiarkan roda meluncur sampai membutuhkan gas. Juga dengan alternatif mengerem ke sudut dan menerapkan gas ketika diantara titik dalam tikungan dan menjelang keluar tikungan.

Lalu mengangkat kaki dan menjulurkan keluar dari footstep serta sesekali memasukan posisi jari kedalam footstep. Kemudain memiring motor dan tubuh dengan bantuan roda sebagai penopang sambal mengangkat siku dengan rileks. Jangan lupa tegakan kepala dan pandang jalur yang berikutnya, sambal mengembalikan posisi kaki di footstep.

Dengan Rutted corner, ada beberapa teknik berbeda yang bisa digunakan. Yaitu fokus perhatikan dan memilih meluncur ke sudut tikungan atau menerobosnya.

Beberapa pebalap yang ahli saat meluncur ke tikungan lalu melaju kencang, dan juga ketika pebalap karakter begitu, ketika mencoba memainkan rem ,terlihat seperti pemula. lagi saat mencoba mengerem. Untuk mendapatkan performa kedua Teknik tersebut, membutuhkan latihan yang telah diterapkan oleh para legend motocross. Teknik umum untuk mendapatkan stabilitas di kecepatan tinggi menjelang tikungan, umumnya antara mengeluarkan kaki dari footstep dengan posisi mengambang hingga total meyentuh  menyeret tanah

Bagaimana Anda Meningkatkan Kecepatan Sudut di Motocross?

Jika telah membentuk kemampuan memiliki kecepatan menikung di lintasan motocross, kans memenangkan perlombaan akan lebih besar. Salah satu yang harus di olah melalui latihan intensif adalah transisi antara pengereman dan penggunaan gas.

Meningkatkan Kecepatan di tikungan mengatur tikungan dan garis trek bagian yang akan diambil. Misalnya, dengan memilih garis yang cukup lurus melalui tikungan,atau memaksa diri  untuk berbelok lebih tajam dibanding mengambil garis trek bagian luar. Trik pada bagian tubuh pengendara dengan menempatkan siku diatas setang kemudi, satu kaki bagian dalam di depan roda depan, kaki lainnya yang berada dibagian luar tetap di footstep. .

Mengapa Dirt Bikers Menjulurkan Kakinya?

Alasan utama dirt bikers membuang kaki mereka ke samping adalah memindahkan berat badan ke depan. Saat kaki keluar ke samping, pinggul pengendara terkunci pada tempatnya di motor sesuai arah pengendara berjalan. Berikut proses Teknik menjulurkan kaki untuk meraih tingkat kesetabilan berkendara:

  • Rentangkan kaki ke depan, jaga agar sedekat mungkin dengan bagian depan motor. Jangan merentangkan kaki Anda ke samping seperti kaki terpeleset.
  • Jangan menyentuh tanah dengan kaki , karena ini mempengaruhi keseimbangan pengendara. Menyentuh tanah dengan kaki mengubah titik keseimbangan sepeda dari dua titik kontak menjadi tiga.
  • Jangan gunakan kaki sebagai selip tetapi sebagai penyeimbang. Tidak ada bagian yang boleh menyentuh tanah dengan cara apa pun. Jika kaki  bersentuhan dengan tanah, angkatlah secepat mungkin.
  • Jangan luruskan lutut  sepenuhnya. Sebaliknya, jaga agar sedikit ditekuk untuk menyerap benturan apa pun dan agar dapat dengan cepat menarik kaki jika motor tergelincir dan jatuh.
  • Setelah melewati tikungan, kaki harus kembali ke footstep dan tidak boleh menjuntai.
  • Jangan biarkan kaki ditarik ke belakang motor, karena dapat akan menabrak diri sendiri, memutar lutut atau membuat kontak dengan baut di bagian belakang. Tidak satu pun dari ini yang disarankan.
  • Jika motor mulai meluncur dan tergelincir,dapat menarik kembali kaki  dan mencoba dan mencoba untuk memperbaiki menggunakan kontrol throttle dan rem, atau Anda dapat menginjak kaki / kaki di tanah di sudut kanan.
  • Kaki merupakan bagian integral dari menikung di Motocross dan harus digunakan dengan bijak. Namun, penting juga untuk tidak menempatkan kaki  dalam posisi berbahaya diantara motor atau tanah, pastinya akan mengalami cidera.

pengendara menggunakan kaki bagian dalam untuk mentransfer berat ke bagian depan sepeda sehingga mereka dapat menjaga bagian depan tetap mendapatkan grip serta daya stabilitas.