Tips & Trick

Suspensi Motor Enduro harus Perhatikan bagian Ini!

By: VMX Media | 07/10/2022 | 746
Suspensi Motor Enduro harus Perhatikan bagian Ini!

NEWS.VMX.ID – Dalam berkendara enduro,indentik dengan kotoran dan batu yang memaksa suspensi bekerja super extra dibanding riding di track aspal. Makanya, perlu perhatian lebih detail, jika tidak ingin suspensi menjadi bocor.Penyebabnya seal oli dan kotoran suspense terkoyak menyebabkan rembesan oli shock, dan otomatis bikin kotoran menempel.

Suspensi depan paling sering naik turun meredam, tekanan, pukulan ketika berhadapan dengan jalur batu, lumpur. Hal serupa juga terjadi pada instrument roda, yang turut membantu kinerja suspensi.

Motor trail untuk enduro umumnya model suspensinya Up side down, yaitu Tabung bawah yang terbuka pada garpu terbalik, tiang penopang, sangat rentan. Secara desain, mereka harus benar-benar halus sehingga segel garpu dapat bertugas sesuai sistem. Tapi perhatikan baik-baik seal atau segel kaki garpu depan motor enduronya, apakah mereka benar-benar mulus? Terutama saat menghitung jam yang telah ditempuh oleh motor enduro, torehan dan tanda kecil mulai muncul, Jika dibiarkan akan membuat pelumas shock breker menjadi bocor.

Bertentangan dengan apa yang mungkin pengendara pikirkan, bahwa kerusakan paling sering terjadi pada bagian dalam penyangga kaki garpu shock depan akibat kotoran dan batu yang beterbangan dari jari-jari dan ban motor sendiri. Ini adalah area yang tidak dilindungi oleh pelindung garpu dan sangat rentan terhadap goresan dan goresan kecil di permukaan yang dapat menyebabkan segel garpu rusak atau bocor.

Spesialis suspensi YSS memberikan tips cara sederhana untuk membersihkan noda kecil tersebut dan solusi untuk menghindari perbaikan yang lebih besar dan lebih mahal.

Periksa stanchion Garpu Depan – Langkah awal yang harus dilakukan adalah memeriksa kaki garpu depan, setelah dibersihkan, lepas roda depan, lalu keluarkan kaki garpu dari klem segi tiga. Kemudian periksa permukaan penyangga garpu yang terbuka, dengan menggerakkan tangan di atas permukaan untuk meraba titik atau paku kecil yang terangkat.

Tandanya, terdapat torehan kecil berada lebih tinggi di permukaan as shocbreker depan dan tiang penyangganya kurang mulus secara sempurna. Imbasnya seal Up Side down motor enduro lebih sulit bergerak naik turun dan menyegel minyak di dalamnya. Semakin menonjol nicknya, semakin besar kemungkinan fork seal memungkinkan oli melewatinya setiap kali melewati titik itu di batang kaki garpu depan.

Gosok lembut adalah semua yang dibutuhkan – Untuk melakukan ini,tekniknya cukup sederhana dan dilakukan oleh spesialis suspensi yang berpengalaman. Solusinya sederhana: gosok lembut dengan batu hijau atau batu ajaib, ringan di permukaan kaki garpu.

Tujuannya, untuk mengambil potongan logam kecil yang menempel di permukaan as suspensi depan. Juga, jangan teralu menekan dan menggosok dengan keras yang mengakibatkan goresan tambahan.

Batu ajaib adalah batu poles  dengan fungsinya menghilangkan tonjolan yang mengeras di permukaan as suspensi.

Kemudian berlanjut menyeting setelan suspensi agar layak diajak berlomba di kejuaraan enduro. Setelan Shocbreker disesuaikan dengan kebutuhan akan lintasan, mulai dari menurunkan dan menaikan volume shock oil sampai ke setingan reborn dan preload, untuk mendukung manuver pengendara.

Menyetel dan memilih tingkat pegas untuk disesuaikan dengan berbagai bobot pengendara, kecepatan, dan tingkat keterampilan. Berikut menyeting Sag riders, tujuanya bersiap ketika menghentak motor di jalur ekstrim enduro.

Setelan Rider Sag dalam beberapa milimeter dapat membuat perbedaan besar. Setelah melorot melebihi 110mm, efek pada geometri bingkai melayang ke sisi persamaan.

Waspadai efek kupu-kupu, yaitu efek tak terduga membingungkan situasi berlomba, makanya harus di antisipasi catatan histori setingannya dan mencatat bomor pengaturan di spatbor. Kemudain menentukan setelan ketinggian shock breker. Ini mengubah bias berat badan. Ini mengubah geometri bingkai. Ini dapat mengurangi goyangan kepala atau meningkatkan kecakapan berbelok.

Berlanjut setelan kompresi kecepatan tinggi, karena berhubungan dukungan kecepatan tinggi. Karena ada hubungannya dengan seberapa cepat motor melesat seberapa cepat poros kejut bergerak.

Banyak orang cenderung menjauhi pengatur kompresi kecepatan tinggi karena kurangnya pengetahuan tentang fungsinya. Ini tidak disebut “kecepatan tinggi” atau gundukan bermata persegi, putar tombol kecepatan tinggi dalam seperempat putaran. Ini akan meningkatkan redaman dan sedikit menaikkan bagian belakang sepeda saat bergerak. Jika motor terasa keras pada G-out, putar tombol kecepatan tinggi untuk melunakkan kompresi dan turunkan bagian belakang sedikit.