Sukses Jumping Kayak Pembalap Motocross Profesional, Gimana Caranya, Ya?

By: VMX Media | 24/03/2023 | 247
Sukses Jumping Kayak Pembalap Motocross Profesional, Gimana Caranya, Ya?

VMX.ID – HANDLING motor trail saat melayang di udara, atau sering disebut sebagai teknik jumping merupakan satu kemampuan dasar yang harus dikuasai para pengendara motor trail. Berikut adalah beberapa tips untuk braaapers, agar mampu mengendalikan motor trail saat melayang di udara, seperti layaknya pembalap profesional

1. Persiapkan posisi tubuh

Sebelum mendarat, pastikan posisi tubuh braaapers telah disiapkan dengan baik. Pastikan posisi badan berada di tengah-tengah motor, jangan terlalu maju atau terlalu mundur. Kaki juga harus menempel kuat pada footstep agar tidak lepas dari motor saat mendarat.

2. Gunakan kaki sebagai shock absorber

Setelah mendarat, gunakan kaki sebagai penyerap kejutan atau shock absorber. Tekuk lutut agar tubuh dapat menyerap kejutan saat mendarat.

3. Hindari pengereman saat melayang di udara

Saat melayang di udara, hindari pengereman karena hal ini dapat menyebabkan motor tidak stabil saat mendarat.

4. Gunakan gas dengan tepat

Gunakan gas dengan tepat saat melompat agar motor tidak kehilangan kecepatan dan keseimbangan saat di udara.

5. Latihan secara rutin

Kemampuan mengendalikan motor saat melompat akan semakin baik dengan latihan yang teratur dan terus-menerus. Latihan juga membantu braaapers mengenali kebiasaan motor dan mencari tahu teknik yang tepat untuk mengendalikannya.

Namun, perlu diingat bahwa jumping sangat berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan braaapers memiliki pengalaman yang cukup dan menggunakan perlengkapan pelindung yang lengkap sebelum melakukan teknik ini. Selalu ingat untuk mengutamakan keselamatan dan berlatih dengan panduan dari instruktur yang berpengalaman.

Penulis: Dadan Hendaya