Cukup Kontroversial, Apa yang Harus Dilakukan Jika Di-block Pass Lawan Saat Balap?

By: VMX Media | 09/07/2023 | 291
Cukup Kontroversial, Apa yang Harus Dilakukan Jika Di-block Pass Lawan Saat Balap?

Written by Shafar Tri Sulaksono

VMXMedia.ID. BLOCK pass merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam kejuaraan grasstrack dan motocross untuk menyalip lawan. 

Moment ketika pembalap memotong jalur pembalap lain ketika menyalip, biasanya pembalap lain berada di sisi luar trek (berm),  kemudian jalurnya dipotong untuk menyalip itulah yang dinamakan Block Pass.

Block pass itu ketika pembalap di land, kemudian pembalap di belakang berusaha untuk overtake dengan mengambil jalur pembalap lawan di tikungan,” ungkap Akbar Toufan, legenda hidup grasstrack Indonesia dalam unggahan video YouTube-nya.

Akbar Toufan juga mengungkapkan, pembalap tidak boleh marah apabila terjatuh saat di-block pass oleh lawan. Pembalap harus mengerti teknik counter-nya dan bisa mengendalikan motor yang dikendarainya.

Hal yang perlu dilakukan ketika di-block pass oleh pembalap lain, adalah dengan melakukan teknik brake slide. Ini adalah teknik dengan menghentikan motor beberapa saat kemudian mengambil trek atau line bagian dalam untuk meng-overtake kembali. 

Sementara itu, dilansir dari 76rider.com, Agha Riansyah menjelaskan,  block pass boleh dilakukan, asal tidak membahayakan pembalap lain.Dalam hal ini, teknik tersebut baru sah apabila dilakukan dengan cara yang benar

 “Teknik ini bisa jadi kontroversial karena bisa saja membahayakan pembalap lain,” terang Agha.