Tips & Trick

Semua Yang Perlu Diketahui Untuk Balapan Kejuaraan Dunia Veteran Motocross 2022

By: VMX Media | 04/11/2022 | 450
Semua Yang Perlu Diketahui Untuk Balapan Kejuaraan Dunia Veteran Motocross 2022

NEWS.VMX.ID – Ajang kejuaraan balap para veteran Motocross dunia semakin diperkuat eksistensinya, pekan ini berlangsung Dubya WORLD VET CHAMPIONSHIP 2022. Event yang diikuti oleh para legenda balap motocross dunia dari 15 negara ini akan berlangsung di sirkuit Glen Helen Raceway.

Glen Helen dengan tipikal unik sirkuitnya, menjadi tontonak menari k dari aksi pra legenda balap Motocross dunia dari 15 negara

Sebelum menyaksikan beraksinya kembali para legend di week end ini, yuk kita simak searah perjalanan WORLD VET CHAMPIONSHIP. Kejuraan ini terlahir dari momen makan siang setelah balapan di tahun 1985.Saat itu dari seluruh yang hadir di acara makan siang Bersama, Tom White, Alan Olson dan Jody Weisel mengusulkan harus ada perlombaan kejuaraan yang berdiri sendiri untuk pebalap Veteran. Tiga pembalap  dari 30 pebalap juga setuju, dan Tom White harus membayar balapan melalui sponsor dari White Brothers Cycle Specialities (dengan suara dua banding satu). Dan Tom melakukan hal itu! White Brothers tidak hanya mensponsori balapan selama bertahun-tahun, tetapi sampai sekarang juga disponsori oleh putri Tom, Kristen dan menantu laki-laki John Anderson melalui perusahaan Dubya USA Wheel.

Juara Nasional AMA 500 1980 dan pemenang MXDN 1981 Chuck Sun mampir ke Tom White Memorial untuk memberi penghormatan kepada sahabatnya.

Tom meninggal karena kanker beberapa hari sebelum World Vet 2017 dan, untuk menghormatinya, Glen Helen menjadi venue peringatan untuk Tom yang dipasang di pintu masuk Walk of Fame.Tom White memenangkan gelar Dunia Over-40 tahun 1990 dan Jody menempati posisi kedua dua kali di kelas Over-40.

Juara Supercross AMA tujuh kali Jeremy McGrath adalah penerima penghargaan Edison Dye tahun 2022. Dia adalah orang ke-28 yang memiliki plakat di “Walk of Fame” Glen Helen.

Format balapan dengan tiga Moto pada hari Sabtu dan Minggu. Balapan Moto 1 dan Moto 2 berlangsung pada hari Sabtu untuk semua kelas. Dan berlanjut hari Minggu, Ketiga skor Moto akan menentukan pemenang Kejuaraan Dunia MX Dubya Vet.

Sirkuit Glen Helen Raceway telah dirancang oleh Jody Weisel untuk menjadi trek Nasional untuk kejuraan para veteran Motocross dunia. Bagian Glen Helen yang paling mendebarkan dan mengerikan adalah kecepatan 70 mph ke tikungan pertama 180 derajat yang membelok tajam. Belokan pertama Talladega cukup lebar untuk sembilan pengendara tersebar di lebar membelok 45 derajat.

Doug Dubach adalah Juara Dunia Vet Juara sepanjang masa dengan 26 gelar di kelas Over-30, Over-40 dan Over-50.

Waktu putaran akan berkisar dari 2:40 menit hingga lebih dari 3:00 menit dengan banyak tanjakan besar dan turunan yang sesuai ketinggian puncak  punuk Saint Helen( sama dengan gedung perkantoran 22 lantai). Karakter trek dengan campuran tanah lempung, pasir, dan hard-pack. Sebagai nilai tambah, trek balap yang lengkap telah diuji seminggu sebelum balapan resmi, untuk memastikan bahwa trek tersebut akan menantang dan tangguh, tetapi juga aman bagi para pebalap veteran. Dengan target 900 pebalap, diperkirakan aka nada keseruan dengan berbagai momen dalam tiap katagori yang di lombakan, yaitu : Kelas 50+, 45+ dan 35+.

Semua penilaian dilakukan oleh transponder di sirkuit Glen Helen terpantau dari Menara juri untuk penilaian bagi tiap peserta. Kelebihan lain dari event ini, akan ada Museum sebagai tempat bertemunya para penerima Penghargaan Edison Dye Award 2022, Jeremy McGrath.