Jurus Spektakuler di Atas Motor, Ini 6 Gaya Freestyle yang Populer di Kalangan Pembalap Motocross

By: Delisti Putri Utami | 30/03/2023 | 519
Jurus Spektakuler di Atas Motor, Ini 6 Gaya Freestyle yang Populer di Kalangan Pembalap Motocross
Macam-Macam Teknik Jumping yang Harus Dikuasai Pembalap (Foto: Alex Ormandam - Unsplash)

VMX.ID – SAAT melakukan balapan, beberapa pembalap motocross selalu melakukan gaya freestyle. Gaya freestyle ini merupakan salah satu dari banyak gaya yang dibuat oleh para pembalap motocross dengan menampilkan aksi-aksi spektakuler yang memukau penonton. 

Aksi melayang di udara dengan menunggangi motor ini tentu membutuhkan keterampilan khusus dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut adalah beberapa gaya freestyle pembalap motocross yang populer dan sering dilakukan.

1 Whip

Gaya ini sangat populer di kalangan para pembalap motocross. Pembalap akan melakukan rotasi searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam dengan sepeda motornya. Ini menciptakan gerakan yang sangat menarik dan spektakuler, dan sering menjadi titik fokus dalam pertunjukan freestyle motocross.

2. Nac Nac

Nac Nac termasuk gaya yang paling sulit untuk dikuasai, tetapi sangat populer di kalangan para pembalap. Saat melakukan gaya ini pembalap melompat di udara dan memutar sepeda mereka ke samping. Saat di udara, pembalap menarik satu kaki ke belakang sambil menjulurkan kaki lainnya ke depan. Gaya ini menunjukkan kecepatan, keahlian teknis yang tinggi, dan keseimbangan yang luar biasa.

3. Superman

Gaya ini dilakukan pembalap dengan memanjangkan tubuhnya ke belakang sambil memegang pegangan sepeda motornya dengan kedua tangan. Teknik ini menciptakan efek visual yang sangat menarik, dan memerlukan keterampilan yang sangat tinggi dari para pembalap untuk menjaga keseimbangan selama melompat.

4. Backflip

Backflip adalah salah satu teknik yang paling ikonik. Gaya ini melibatkan pembalap yang melakukan backflip di atas sepeda motornya saat melompat. Teknik ini sangat sulit dan berbahaya. Namun, sangat spektakuler dan mengesankan untuk dilihat.

5. Seat Grab

Saat melakukan gaya ini pembalap akan membungkuk ke depan dan memegang kursi sepeda motornya dengan satu tangan saat melompat. Gaya ini memungkinkan para pembalap untuk memperpanjang waktu di udara dan menciptakan gerakan yang sangat menarik.

6. Cordova

Teknik cordova melibatkan pembalap yang memegang pegangan sepeda motornya dengan satu tangan dan mengangkat kakinya ke atas kursi saat melompat. Teknik ini menciptakan gerakan yang sangat spektakuler dan memerlukan keterampilan yang sangat tinggi dari para pembalap untuk menjaga keseimbangan selama melompat.

Demikianlah beberapa freestyle yang populer di kalangan pembalap motocross. Gaya-gaya tersebut membutuhkan keberanian, kecepatan, ketangkasan, keseimbangan, dan keahlian teknis yang sangat tinggi untuk dilakukan dengan benar.

Penting untuk diingat, gaya-gaya ini sangat berbahaya dan memerlukan latihan yang intensif serta pengawasan yang ketat dari para pelatih. Braaapers jangan pernah mencoba gaya-gaya ini tanpa pengawasan dan latihan yang tepat karena dapat membahayakan keselamatan.