Rentan Terjadi Kecelakaan, Ini Tips Memilih Safety Gear yang Tepat untuk Ngetrail

By: Delisti Putri Utami | 15/08/2023 | 176
Rentan Terjadi Kecelakaan, Ini Tips Memilih Safety Gear yang Tepat untuk Ngetrail

VMXMedia.ID – RANTING kayu berukuran besar lebih dari 1 meter menusuk sepatu hingga tembus ke kaki. Ini dialami seorang pria yang tengah menikmati petualangan mengendarai motor trail di hutan. Tidak ada informasi jelas mengenai siapa dan lokasi kejadian tersebut. Namun, video itu sempat viral di media sosial.

Di dalam video yang beredar, terlihat beberapa pria sedang berkendara di hutan. Namun, kejadian naas menimpa salah satu dari mereka. Saat berkendara di pinggir jalan, motornya seperti anjlok, kemudian ranting besar menusuk dengan begitu dalamĀ  hingga tembus ke sepatu yang ia kenakan dan melukai kakinya. Beruntung, pertolongan segera tiba, dan pria tersebut langsung mendapatkan penanganan.

Video: @super.duper.moto via Instagram

Insiden ini menyoroti pentingnya safety gear yang memadai saat melakukan petualangan dengan motor trail di area alam seperti hutan. Selalu menggunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai dapat membuat perbedaan besar antara kecelakaan yang hanya mengakibatkan sedikit cedera dan insiden serius seperti yang baru-baru ini terjadi. Mulai dari sepatu, helm, body protector, sarung tangan, jersey, dan sebagainya yang aman adalah hal-hal yang tidak boleh diabaikan.

Tidak hanya itu, pemilihan safety gear yang benar-benar aman juga perlu diperhatikan. Pastikan perlengkapan yang dipakai memenuhi standar keamanan yang telah ditetapkan. Investasi pada perlengkapan berkualitas adalah investasi pada keselamatan diri sendiri.

Selain safety gear, keselamatan juga sangat tergantung pada kehati-hatian pengendara. Berkendara di area hutan atau medan alam yang sulit membutuhkan tingkat kewaspadaan ekstra. 

Ranting-ranting yang tumbang, batu-batu tajam, dan permukaan yang licin dapat menjadi tantangan nyata. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dan pertimbangkan kondisi sekitar sebelum memacu motor kamu, ya, braaapers. 

Berikut adalah panduan untuk memilih safety gear yang tepat dan aman dalam petualangan dengan motor trail

1. Helm yang Kokoh dan Sesuai Standar

Helm adalah perlengkapan paling penting untuk melindungi kepala dari cedera serius. Pilihlah helm yang sesuai dengan standar keamanan yang diakui, seperti DOT, ECE, atau Snell. Pastikan helm cocok dengan kepala dan dilengkapi dengan strap yang kuat untuk menjaga stabilitasnya saat berkendara di medan yang sulit, ya, braaapers.

2. Jaket dan Pelindung Tubuh

Jaket pelindung dan perlengkapan tubuh lainnya seperti body protector  untuk dada, bahu, siku, lutut, dan punggung sangat penting untuk melindungi tubuh dari benturan dan gesekan. Pilih protector yang terbuat dari bahan kuat dan tahan lama, serta memiliki pelindung yang sesuai pada bagian kritis tubuh.

3. Sarung Tangan Tahan Banting

Sarung tangan bukan hanya melindungi tangan dari cuaca dan debris, tetapi juga memberikan perlindungan saat kita jatuh. Untuk itu, pilih sarung tangan yang tahan banting, tetapi tetap memberikan kenyamanan dan kontrol saat mengoperasikan motor.

4. Celana dan Perlindung Kaki

Celana pelindung dan pelindung kaki, seperti pelindung lutut dan pelindung pergelangan kaki, penting untuk melindungi anggota tubuh yang rentan saat terjatuh. Pastikan celana memiliki bahan yang kuat dan pelindung yang cocok pada bagian kritis.

5. Kacamata dan Pelindung Mata

Ketika berkendara di medan yang berdebu atau berbatu, kacamata atau pelindung mata penting untuk melindungi mata dari partikel-partikel kecil yang dapat menyebabkan iritasi atau cedera.

6. Sepatu yang Kuat dan Stabil

Sepatu khusus motor trail yang kuat, tahan air, dan memiliki sol yang stabil penting untuk menjaga kaki aman saat mengendarai motor di medan yang sulit. Pastikan sepatu cocok dengan kaki dan memberikan dukungan yang cukup.

7. Mengukur Ukuran dengan Tepat

Pastikan untuk mengukur ukuran tubuhmu dengan akurat, ya, braaapers agar bisa memilih safety gear yang sesuai. Perlengkapan yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mengurangi efektivitas pelindungan.

8. Berkualitas dan Dikenal

Pilih produk safety gear dari merek yang terkenal dan diakui dalam industri. Produk berkualitas biasanya telah diuji dan memenuhi standar keamanan yang ketat.

9. Perawatan dan Pemeriksaan Rutin

Setelah membeli safety gear, penting untuk merawatnya dengan baik. Bersihkan dan periksa perlengkapan secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan yang dapat mempengaruhi keamanannya.

10. Keselamatan sebagai Investasi Utama

Ingatlah, investasi pada safety gear adalah investasi pada keselamatan diri sendiri. Jangan ragu untuk menghabiskan lebih sedikit untuk kualitas yang lebih baik, karena keselamatan tidak boleh ditawar-tawar.

Ingatlah, petualangan motor trail mungkin menantang, tetapi dengan safety gear yang tepat, braaaapers dapat menikmati pengalaman tersebut dengan penuh percaya diri dan aman. Setiap perlindungan ekstra yang braaapers berikan pada diri sendiri akan memberikan dampak besar pada keselamatan dan kenyamanan selama berkendara di medan yang berat.