Duh, Motor Trail Kamu Susah Dihidupkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

By: Delisti Putri Utami | 15/09/2023 | 668
Duh, Motor Trail Kamu Susah Dihidupkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

VMXMedia.ID – BRAAAPERS, tidak sedikit motor trail kesayangan tiba-tiba berontak ketika mau dinyalakan. Nah, jika ini terjadi kepadamu, jangan panik dulu, karena masalah ini bisa jadi gampang diselesaikan. Dengan tahu penyebabnya, kamu bisa lebih mudah menghadapinya. Jadi, apa saja, sih, penyebabnya? Yuk, simak!

Dilansir dari trialgame.id, pertama-tama, nih, penyebab utama adalah aki yang ngambek. Aki ini punya peran penting banget, lo, sebagai sumber listrik utama untuk motor trail kamu. Kalau tegangannya turun, bisa-bisa semua komponen jadi bermasalah, termasuk mesinnya. Akibatnya, motor kesayangan bisa jadi rewel banget dan susah dinyalain.

Kalau gitu, gimana caranya mengatasi masalah ini? Pertama, coba pakai kick starter sampai RPM-nya mencapai 450. Kalau masih aja mati, berarti kamu perlu cek isi dalam aki. Pastikan pengisian listrik di dalamnya oke, atau mungkin ada masalah yang bikin listrik tidak jalan. Kalau ada masalah, solusinya gampang, ganti aki yang baru aja biar motor kamu bisa hidup dengan semangat lagi.

Nah, penyebab kedua adalah masalah korsleting di sistem kelistrikan motor, terutama bagian starter. Biasanya ini terjadi karena terminal starter terlalu dekat dengan logam mesin. Gimana cara tahu kalau ini masalahnya? Coba cek bagian tersebut, kalau ada bekas terbakar, bisa jadi itu penyebab mesin kamu tidak bisa menyala. Solusinya sederhana, bersihkan area tersebut dari kerak yang biasanya ada. Biasanya bagian itu bakal berwarna hitam karena bekas terbakar. Kalau sudah, pasang lagi bagian sekeringnya, tapi jangan terlalu rapat, tambahin penyekat kalau perlu.

Terus, jangan lupakan komponen penting lainnya, yaitu busi. Kalau businya udah rusak atau habis masa pakainya, bisa bikin motor susah hidup. Jadi, pastikan busi masih oke, jangan sampe longgar atau berwarna hitam pekat. Kalau iya, buruan ganti sama busi baru biar sistem pengapian tetap jalan normal. Kalau ternyata masalahnya ada di kabel busi, ganti juga yang baru, ya.

Relay starter yang bermasalah juga bisa jadi penyebab motor tidak bisa menyala. Cara mengeceknya, coba tekan relay dan starter sekaligus. Kalau ada ketukan, berarti relay masih oke.

Karburator juga bisa bikin masalah, terutama kalau motor kamu pakai injeksi. Karburator ini tugasnya penting banget untuk nyalurin bahan bakar ke mesin. Kalau ada kerusakan, bahan bakarnya bisa terganggu. Cara mengatasinya, coba cek tekanan bahan bakarnya. Buka karburator, putar dan setel. Kalau ada masalah banjir, keluarin bahan bakar di dalamnya, terus coba lagi nyalain starter. Ulangi sampai motor bisa hidup normal lagi.

Yang terakhir, jangan lupakan soal bahan bakar yang tidak turun. Buat mengatasi ini, lepas selang radiator, lalu lepaskan klemnya. Biarkan bensinnya turun. Kalau sudah terlihat, coba lagi nyalakan motor pakai kick starter.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya, bagi braaapers yang punya motor trail. Kalau mengalami masalah ini, coba deh cari solusinya dulu sebelum dibawa ke bengkel. Semoga motor trail kamu bisa hidup dengan semangat lagi! (dpu)