Tips & Trick

Power dan Akselerasi Motor Meningkat Wajib Perhatikan Tingkat Presisi Rantai

By: VMX Media | 11/07/2022 | 670
Power dan  Akselerasi Motor Meningkat Wajib Perhatikan Tingkat Presisi Rantai

NEWS.VMX.ID – Modifikasi motor menjadi bagian kepuasan tampilan dan performa motor . Dalam modifikasi motor dalam hal performa terkait ke rantai yang juga terhubung ke akselerasi.

Masalah rantai memang kerap menjadi kendala ketika hendak membangun motor trail. Beberapa referensi produk dan acuannya harus berdasarkan hitungan presisi dalam menetapkan soal ukuran rantai yang berhubungan juga dengan ukuran gear sprocket.

Peningkatan performa sepeda motor, tidak selalu berpihak pada ubahan power mesin sepeda motor. Faktor lainnya adalah perhatian pada sisi Handling pun perlu dijadikan acuan penting. Sepeda motor dengan power yang besar, jika tidak diimbangi dengan handling yang sempurna tidak akan bermanfaat.

Handling dari sepeda motor dipengaruhi oleh berbagai sistem yang ada dari sepeda motor. Salah satu sistem yang berhubungan dengan handling sepeda motor adalah wheel system yang berfungsi sebagai penyalur tenaga gerak mesin kepada jalan. Pada wheel system terdapat part part yang menunjang handling sepeda motor seperti ban, pelek, jari – jari, rantai dan juga gir .

Gir dan rantai pada sepeda motor  berfungsi sebagai pemindah daya ( daya putar dari mesin ke roda belakang ), sehingga motor  dapat bekerja secara optimal. Pemakaian gir pada sepeda motor harus memenuhi syarat keunggulan produk sehingga dapat berkerja secara maksimal dan berumur panjang

Langkah pertama, harus mengatur rasio gir reduksi antara bagian belakang dan gir depan. Hasil pembagian antar rasio harus lebih besar supaya akselerasi semakin ringan. Apa bila gear belakang diganti dengan yang lebih besar, maka akan menambah torsi. Tarikan motor akan enak dipakai di trek pendek atau menanjak.

Juga perhatikan soal fitur itu dapat mencegah keausan, memperkuat pin rantai agar lebih rigid. Rekomendasinya dengan memilih rantai berteknologi yang berkaitan dengan Direct energy transfer. Contohnya model rantai  model SDH-Pin maka ketika mendapatkan hentakan torsi, rantai tidak merenggang, tetapi langsung meneruskan daya, Sehingga tidak ada loss power.

Beberapa katagori rantai berikut kontruksi teknologinya. Diantaranya :

-Segmen Low end (hanya dibuat dengan teknologi Solid-Bush). Contohnya dengan ukuran tipe 428D untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin hingga 135cc dan 428H-DS untuk hingga 175cc.

– Kemudian Middle end seperti Tipe 428VIX untuk sepeda motor hingga 200cc dan 530VR buat 400cc. Lalu High end dengan warna gold tersedia versi 520VX3 untuk 800cc. Dan khusus untuk kebutuhan balapan biasanya model 415DX G&G. Jadi wajib perhatikan huruf di belakang angka ukuran rantai.

Rantai yang handal adalah dibuat secara forged bukan spinning, sehingga lebih kuat, tahan deformasi, dan tidak mudah meregang.Juga,menggunakan material terbaik dibuat dengan heat treatment dan mesin yang presisi untuk menghasilkan mata gigi yang sempurna dan sesuai dengan rantai. Pilihan mata yang lebih besar atau lebih kecil dari standard untuk kebutuhan balap ataupun adventure atau touring. Memilih rantai yang dibuat dengan presisi untuk mentransfer tenaga mesin dengan sempurna. Rantai yang lebih ringan, menghasilkan putaran yang lebih ringan untuk peningkatan akselerasi dan daya tahan lebih lama dengan solid bushing.

Juga wajib penyetelan atau pengukuran rantai termasuk diantaranya berhubungan penetapan pengukuran suspensi hard, medium atau soft. Tingkat presisi penempatan rantai ke motor yang telah di modifikasi juga harus presisi. Nnatinya berhubungan dengan tingkat kesulitan pengukuran rantai dan penyetelan rantai seiring waktu penggunaan. Juga terhubung dengan keseimbangan gerak roda belakang, agar akselerasi motor safety.