BANDUNG VMXMedia.ID – Momok menakutkan buat pengendara, terutama penggiat trabasan adalah motor tiba-tiba nge-jim (Ngejim). Istilah ngejim lahir kata kerja bahasa Inggris “jam”, yang secara harafiah artinya macet. Biasanya, mesin motor normal saja dipakai, tapi ketika masuk ke putaran yang cukup tinggi, tiba-tiba motor mengeluarkan suara aneh dan tidak bisa ditarik gasnya, lalu mati.
Penyakit ini muncul dari gangguan piston yang macet. Jika terjadi itu, motor trail braaapers tidak akan bisa distarter. Kejadian piston macet banyak terjadi di motor trail bermesin 2-tak, meskipun sesekali mesin 4-tak juga bisa mengalami masalah piston macet.
Penyebab piston macet pada mesin 2 langkah karena kualitas dan volume suplai pelumasan yang buruk. Ketika oli tak melumasi antar bagian komponen mesin yang saling bergesekan, berakibat piston macet.
Seperti dilansir Maniakmotor.com, untuk mencegah piston mesin macet, yang harus dilakukan adalah:
1. Takaran oli samping mesin harus sesuai standarisasi pabrikan. Untuk mesin motor tua wajib menambahkan lebih dari takaran, meski tidak boleh berlebihan
2. Gunakan oli berkualitas dan selalu cek ketersediaan oli samping untuk motor 2-tak.
3. Lakukan pencampuran oli mesin terlebih dahulu sesuai takaran sebelum memasukkan bensin ke tangki.
4. Periksa pompa oli samping dan peralatan terkaitnya secara berkala.
5. Selalu cek kondisi seal pengunci dan pastikan tidak ada kebocoran yang bisa membuat oli masuk ke bagian yang tidak semestinya.
6. Jaga piston dan ring piston dalam kondisi baik dan bebas dari keausan.
Perlu diperhatikan, jangan biasakan menggeber gas dengan kecepatan maksimum, karena memicu mesin lebih cepat panas.Jika panas berlebihan dapat membuat piston macet yang pada gilirannya membuat mesin ngejim. (nan)