Maksimalkan Berkendara Off-road dengan Pahami Jenis Ban yang Akan Digunakan

By: VMX Media | 01/04/2023 | 173
Maksimalkan Berkendara Off-road dengan Pahami Jenis Ban yang Akan Digunakan

BAGI penggemar off-road, memilih ban merupakan bagian penting untuk diperhatikan. Ban motor off-road memiliki peruntukkan yang berbeda. Sebagai contoh, ban untuk motocross berbeda dengan enduro atau adventure. Terlebih dalam menyesuaikan karakter tanah dan treknya.

Jika memilih ban yang tepat, kemampuan dan performa motor akan lebih prima. Menentukan ban motor terbaik adalah bagian dari tantangan dan akan menentukan kenyamanan dalam berkendara. Perlu diingat, hindari memilih ban dengan tampilan yang belum tentu memiliki performa tangguh.

Sesuaikan pula ban dengan jalur atau trek. Umumnya, ban enduro dan adventure menggunakan ban dengan tipe soft compound hingga intermediate untuk mencengkeram trek berbatu, akar pohon, rumput , dan tanah. Sedangkan untuk motocross, ban memiliki tingkat hard compound agar kuat di lintasan.

Simak lima tips memilih ban motor terbaik berikut ini:

1. Kenali Jalur Trek

image source: trailgame.id

Ban motor off-road terbaik dapat menghadapi rintangan di trek yang akan dilalui. Kondisi trek yang dilalui berpengaruh pada jenis ban yang digunakan, yaitu soft, intermediate, dan hard.

Untuk jalur lintasan dengan karakter tanah kering atau bebatuan, gunakan ban jenis hard. Sedangkan untuk trek dengan jalan kering yang tidak terlalu ekstrim dan berbahaya, gunakan ban intermediate. Untuk jalur off-road yang basah dan penuh lumpur, gunakan ban soft.

2. Perhatikan Pola Tapak dan Pattern Ban

image source: otozones.blogspot.com

Dalam memilih ban motor off-road terbaik, perhatikan pola tapak atau model kenop. Karena pola tapak ban mempengaruhi kualitas cengkeraman dan pengereman .

Pola tapak ban motor dirt bike yang kasar, dengan berbagai ukuran kenopnya yang berbentuk kotak kecil, sedang, dan besar, akan menyesuaikan dengan traksi dan kadar compound-nya.

3. Perhatikan Kemampuan Pengendalian Ban

image source: trailgame.id

Sebelum mengganti ban, perhatikan kemampuan pengendalian ban. Tujuan pengecekan ini adalah memastikan kestabilan motor saat menjumpai trek yang tak terduga.

Sebaiknya, pilih jenis ban dengan konstruksi yang mendukung peningkatan pengendalian, peredaman, dan kelenturan.

4. Pelajari Fitur-Fitur Pendukung Ban

image source: kompas.com

Setiap ban memiliki kualitas dan rancangan yang berbeda pada setiap tipenya. Umumnya, rancangan fitur pada ban memiliki tingkat kekakuan dan penyerapan pada ban untuk daya cengkeram tanah.

Oleh karena itu, pastikan mempelajari fitur-fitur pendukungnya terlebih dahulu sebelum memilih ban motor off-road terbaik.

5. Cari Info tentang Kemampuan Daya Tahan Ban

image source: moladin.com

Daya tahan ban motor off-road berkaitan dengan jalur ekstrem. Tujuannya untuk lebih mengurangi ban robek akibat benturan benda keras. 

Oleh karena itu, carilah info mengenai kemampuan daya tahan ban. Kemampuan daya tahan ban akan membuahkan kelenturan yang baik.