Lakukan Ini Jika Kamu Mengikuti Kejuaraan Enduro dengan Jarak Ratusan Kilometer

By: VMX Media | 17/06/2023 | 112
Lakukan Ini Jika Kamu Mengikuti Kejuaraan Enduro dengan Jarak Ratusan Kilometer

Written by Munandar Nuch Arsih

Bagi pembalap enduro yang mengikuti kejuaraan, dengan jarak tempuh antara 100-120 km dari garis start, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya menyiapkan fasilitas pengisian bahan bakar.

Pasalnya, bahan bakar untuk motor enduro dengan tangki normal 7-8 liter, jika digunakan dalam kecepatan tinggi, pasti akan segera habis.

Selain tangki tambahan, alternatif lainnya adalah memasang tangki aftermarket, yang menawarkan kapasitas 13 liter atau lebih. Setidaknya kapasitas ini bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 150 km.

Jika menggunakan tangki standar dengan kapasitas 3 liter, bahan bakar cadangan perlu dibawa untuk mencapai sektor selanjutnya hingga garis finis. Umumnya, dalam balapan enduro,  motor dengan tangki standar akan  kehilangan bahan bakarnya pada 70 km pertama.

Selain itu, sebaiknya juga pasangkan tabung bahan bakar di jok belakang, tepatnya pada braket khusus. Selain memungkinkan persediaan stok BBM aman, juga tidak berisiko stok BBM hilang jika hanya diikatkan ke jok.

Biasanya, jika mengikuti kejuaraan enduro terkemuka, panitia telah menyiapkan titik penyedia bahan bakar, air isi ulang, dan perbaikan teknis. Meskipun demikian, persiapan tetap mesti dilakukan, ya, braaapers.