Kenali 5 Teknik Melintasi Batu Tebing Curam dan Bagian-Bagian yang Harus Dihindari

By: VMX Media | 15/05/2023 | 204
Kenali 5 Teknik Melintasi Batu Tebing Curam dan Bagian-Bagian yang Harus Dihindari

Written by: Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.ID BERKENDARA hard enduro dengan melintasi tebing memang menakutkan. Jika pengendara salah dalam melakukan tekniknya, konsekuensinya bisa fatal.

Ben Grabham, pemilik Grabbo’s Trail and Track, memberikan tips terkait dengan teknik berkendara yang baik dan benar dalam melintasi tebing. Tips tersebut boleh dibilang menakutkan, namun mudah untuk dikuasai. Berikut adalah 5 tipsnya:

1. Pilih Jalur yang Ingin Diambil

Sebelum mulai melintasi bagian batuan off-camber, cari dan pilih garis jalur yang ingin diambil.  Bersikaplah realistis dengan tingkat keahlian yang dimiliki. Ingatlah, pada batu pasir seperti ini, kenop samping akan menggigit dan mencengkeram lebih dari yang dikira.

Jangan bergeser ke jalur lain, karena akan menyebabkan kehilangan front end. Pertahankan jalur hingga selesai berkendara.

2. Pusatkan Berat Badan

Jika pengendara bersandar ke belakang, roda depan tidak akan menggigit batu dan berisiko tergelincir keluar. Karenanya, pengendara perlu menjaga berat badan di bagian tengah motor.

Pikirkan juga cara untuk memberi sedikit beban pada footpeg luar untuk mendorong kenop bagian dalam ke batu.

3. Jangan Menutup Throttle

Dalam melintasi tebing, jangan salah berakselerasi atau mengerem dengan menggunakan titik gesekan throttle agar motor tetap bergerak. 

Dalam momen seperti ini, pengendara dilarang untuk berhenti dan menutup throttle.

4. Ikuti Gerak Motor

Jika pengendara merasa kehilangan keseimbangan, jangan takut untuk membiarkan motor berjalan sedikit menuruni tebing.

Dalam hal ini, diperlukan cukup banyak aliran trek di bagian bawah. Sehingga ketika motor berjalan menuruni tebing, motor dan pengendara tidak akan kehilangan keseimbangan dan terlempar.

5. Tetap Berdiri

Jika motor kehilangan keseimbangan ketika menghadapi turunan, tetaplah berdiri.

Dengan berdiri, pengendara dapat mengatasi gundukan dan selip. Hal tersebut berfungsi untuk memberikan kontrol yang lebih baik terhadap rem belakang dan kopling serta memungkinkan untuk melihat lebih jauh ke depan.

Selain itu, dalam berkendara hard enduro, banyak pengendara melakukan kesalahan. Berikut adalah 3 kesalahan yang harus dihindari pengendara:

1. Duduk

Dengan duduk, pengendara tidak dapat mengontrol keseimbangan berat badan. Duduk juga membuat pengendara berisiko terjatuh dari tebing akibat tidak menjauh dari motor.

Berdiri mungkin menakutkan karena lebih tinggi, tetapi posisi tersebut lebih baik.

2. Mengerem dengan Satu Jari

Saat melakukan akselerasi dan menghadapi obstacle di depan, pengendara akan refleks melakukan pengereman. 

Jika menggoyahkan ujung depan tuas rem dengan memegang rem menggunakan satu jari, hal tersebut akan berakhir di sisi yang rendah.

3. Melihat ke Bawah

Hindari melihat ke dasar tebing, lihatlah ke depan dan cobalah untuk fokus pada langkah selanjutnya.

Untuk melatih keahlian dalam melintasi tebing saat berkendara hard enduro, mulailah secara bertahap dengan melalui tebing yang tidak terlalu curam dan panjang. Latihlah kekuatan dan tingkat percaya diri yang tinggi, terutama dalam mengontrol keseimbangan berat badan.

Itulah 5 tips yang dapat braaapers lakukan, serta 3 hal yang harus dihindari ketika balap hard enduro. Semoga dengan melakukan tips di atas, braaapers bisa lebih aman dalam berkendara hard enduro yaa.