Jangan Sampai Terjadi, Ini Bahaya Tabrakan di Udara dalam Balap Motocross dan Grasstrack!

By: VMX Media | 14/07/2023
Jangan Sampai Terjadi, Ini Bahaya Tabrakan di Udara dalam Balap Motocross dan Grasstrack!
Putaran 2 Kasal Cup JC Supertrack 2023 di Tegal

VMXMedia.ID – TABRAKAN di udara menjadi momok yang sering menghantui para pembalap dalam kejuaraan motocross dan grasstrack. Saat dua atau lebih crosser bersamaan melompat di atas table top atau melakukan jumping, risiko tabrakan di udara sangat sulit dihindari.

Dilansir dari 76rider.com, M. Zulmi, pembalap nasional yang tergabung dalam 76Rider MX Squad, mengungkapkan bahaya potensial ketika seseorang pembalap keluar dari jalurnya dan masuk ke jalur pembalap lain saat sedang melompat.

Menurut Zulmi, ketika pembalap keluar dari jalurnya, yang paling berbahaya adalah saat mereka berada di udara. Saat melayang, pembalap yang keluar jalur akan melenceng dari posisi yang semestinya. Jika pada saat yang bersamaan ada pembalap lain yang sedang melompat dan melayang di udara, sangat sulit untuk menghindari terjadinya tabrakan.

Masalah semakin berbahaya ketika pembalap yang keluar jalur kesulitan mengendalikan motornya saat melakukan landing. “Ya, akibat yang ditimbulkan dari benturan keras saat hard landing ini yang sangat berbahaya dan patut diwaspadai,” ungkap Zulmi.

Zulmi menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa pembalap bisa keluar jalur saat melakukan lompatan atau table top. Salah satunya adalah posisi melompat yang dekat dengan tikungan. Sering kali, pembalap terpeleset saat keluar dari tikungan dan akhirnya masuk ke dalam melompat dengan posisi yang keluar dari racing line.

Hal ini menyebabkan posisi motor sedikit menyimpang ke kiri saat melayang di udara. Makin berbahaya, jika pembalap lain tidak menyadari hal ini, dan pada saat yang bersamaan sedang melompat dengan arah yang berlawanan.

Zulmi juga menjelaskan, dalam beberapa kasus, pembalap dengan sengaja mengarahkan motor ke arah tertentu saat melompat. Misalnya, setelah melompat, pembalap dihadapkan pada tikungan ke kiri. Pembalap akan mengarahkan motor ke kanan saat melompat agar saat landing dapat masuk ke jalur yang tepat untuk memasuki tikungan ke kiri dengan cepat.

Meskipun tabrakan di udara tidak sepenuhnya dapat dikendalikan, Zulmi menekankan pentingnya meminimalisir risiko dengan memiringkan motor saat sedang melayang di udara. Namun, masalah terbesar terjadi ketika pembalap saling tidak melihat dan menyadari potensi terjadinya tabrakan di udara.

Dalam balap motocross dan grasstrack, kesadaran, pengamatan, dan keterampilan mengendalikan motor dengan baik sangatlah penting untuk mengurangi risiko.

Wah, arahan yang bermanfaat dari pembalap nasional, ya, braaapers. Semoga semua terhindar dari tabrakan di udara!