3 Kunci Sukses Balapan Supermoto ala Pembalap Maliki Somma, Catat Strateginya!

By: VMX Media | 18/09/2023 | 717
3 Kunci Sukses Balapan Supermoto ala Pembalap Maliki Somma, Catat Strateginya!
Maliki Somma (@leonardmalikiii via Instagram)

Written by Shafar Tri Sulaksono

VMXMedia.ID – SUPERMOTO bukan sekadar menggunakan sepeda motor trail di jalan raya. Balapan supermoto memerlukan strategi dan teknik khusus yang lebih dari sekadar mengendarai sepeda motor trail. 

Supermoto merupakan balapan di trek bervariasi yang menggabungkan balapan aspal dan unsur garuk tanah dengan rintangan seperti lompatan, tanjakan, dan berbagai rintangan lainnya.

Salah satu pembalap yang berkompetisi dalam balap supermoto di Indonesia adalah Leonard Maliki Somma, yang akrab disapa Maliki Somma. Ia telah meraih banyak prestasi di dunia balap, mulai dari tingkat nasional hingga Asia.

Dilansir dari akun Instagram @superadventure_id, Maliki Somma memberikan beberapa tips bagi mereka yang ingin serius terjun ke dunia balap supermoto.

“Menurut pengalaman saya, yang pertama-tama, kamu harus benar-benar mencintai dan menikmati balapan ini. Yang kedua, jika ingin serius, komitmenlah sepenuh hati. Saya pernah merasakan bagaimana ketika seseorang ingin serius dalam dunia balap, teman-teman yang kurang mendukung akan pergi,” terang Maliki.

Tak hanya itu, menurut pembalap yang memiliki darah Italia itu, hal yang tidak kalah penting adalah mencari pengalaman dengan banyak mengikuti event.

Pembalap yang lahir di Bali 19 tahun yang lalu ini juga berbagi bahwa dia telah terlibat dalam balap sejak tahun 2006. Meskipun telah mengumpulkan banyak jam terbang, dia masih merasa gugup ketika akan balapan. Gugup adalah bagian alami dari balapan, tetapi latihan dan pengalaman yang terus-menerus di lintasan adalah kunci agar lebih terbiasa dengan balapan dan sirkuitnya.

Berdasarkan pengalaman Maliki, bagi braaapers yang ingin mencoba dunia balap supermoto, penting untuk memiliki hasrat yang mendalam, komitmen penuh, dan terus berlatih agar semakin mahir dalam menghadapi tantangan yang ada di dunia balap.