Intip 6 Langkah dalam Mencuci Sepatu Trail

By: Angga Kuntara | 11/05/2023 | 409
Intip 6 Langkah dalam Mencuci Sepatu Trail

VMXMedia.IDKETIKA ngetrail, kaki akan banyak berpijak pada tanah yang kotor, berdebu, dan berlumpur. Otomatis, setelah momen ngetrail usai, sepatu harus segera dicuci hingga kembali bersih. 

Meskipun terkesan malas dilakukan, sepatu harus segera dicuci agar siap kembali digunakan dalam perjalanan selanjutnya. Terlebih jika setiap minggu braaapers ngetrail, sepatu harus dicuci secara rutin. 

Berikut adalah 6 langkah yang dapat braaapers lakukan untuk mencuci sepatu trail:

1. Bersihkan Sepatu dengan Kain Basah

image source: amacmotorcycles.com

Lepaskan kaki dari sepatu yang digunakan. Kemudian, mulai bersihkan segala macam debu, kotoran, dan lumpur yang menempel pada sepatu. 

Sebaiknya, bersihkan sepatu menggunakan kain basah. Kain basah dapat membantu melunakkan kotoran yang menempel sehingga sepatu lebih mudah dibersihkan. 

2. Rendam Sepatu dengan Air Hangat

image source: dirtbikeplanet.com

Setelah membersihkan sepatu dengan kain basah, rendam sepatu menggunakan air hangat. Lakukan perendaman selama beberapa menit. 

Proses perendaman tersebut berfungsi untuk mengendurkan kotoran yang menempel, sebelum proses pencucian dimulai.

3. Lakukan Proses Pencucian

image source: dirtbikenewbie.com

Setelah melakukan proses perendaman, kini saatnya melakukan proses pencucian. Bawa sepatu ke bak mandi, atau tempat mencuci yang dapat menahan air.

Oleskan sabun ke seluruh bagian sepatu, serta gunakan spons atau sikat lembut dalam membersihkannya. Braaapers bisa menggunakan sabun cuci piring atau sabun khusus sepatu untuk membersihkannya. 

4. Bilas Sepatu dengan Air Bersih

image source: dirtbikeplanet.com

Setelah melakukan proses pencucian, bilaslah sepatu menggunakan air. Pastikan air yang digunakan dalam proses pembilasan adalah air bersih. 

Air bersih yang digunakan dalam proses pembilasan berfungsi untuk menghilangkan sabun dan kotoran yang terangkat.

5. Lakukan Proses Pengeringan

Setelah membilas sepatu, lakukan proses pengeringan. Proses pengeringan sepatu harus dilakukan dengan cara yang tepat. 

Hindari proses pengeringan dengan menggunakan mesin pengering atau sinar matahari langsung. Agar memperoleh hasil maksimal, letakkan sepatu di tempat yang kering dan teduh. Biarkan sepatu kering secara alami dalam beberapa jam. 

6. Oleskan Sepatu dengan Produk Tambahan

image source: dirtrider.com

Agar memperoleh hasil maksimal, oleskan sepatu dengan produk tambahan. Produk tambahan tersebut dapat menggunakan produk perawatan sepatu tahan air. Hal tersebut dapat mencegah air dan kotoran agar tidak menempel pada sepatu.

Lakukan pengolesan tersebut ketika sepatu sudah benar-benar kering. Setelah semuanya selesai, sepatu sudah kembali kinclong dan siap untuk kembali digunakan ngetrail

Kalau braaapers merasa kurang bisa mencuci sepatu trail dengan baik dan bersih? Braaapers bisa mencuci sepatu trail di VMX Store Cimahi! Kami akan membantu membersihkan sepatu trail agar lebih bersih dan kinclong, dengan harga yang terjangkau. 

Braaapers bisa langsung datang ke VMX Store Cimahi yang beralamat di:

Komplek Taman Mutiara, Jalan Mutiara Raya Ruko M6, Karangmekar, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40523