Inilah 7 Tips Melahap Rintangan Hill Climbing ala Juara Dunia FIM Hard Enduro

By: VMX Media | 14/06/2023 | 145
Inilah 7 Tips Melahap Rintangan Hill Climbing ala Juara Dunia FIM Hard Enduro

Written by Shafar Tri Sulaksono

VMXMedia.ID DALAM perlombaan enduro, dikenal istilah Hill Climbing, yaitu rintangan berupa tanjakan di sisi tebing dengan kemiringan mendekati 90 derajat. Rintangan ini adalah salah satu yang tersulit dalam balap enduro.

Manuel Lettenbichler, pembalap Red Bull KTM Racing, memberikan tips untuk menaklukkan tanjakan bukit yang brutal. Dilansir blog.ktm.com, ada 7 tips dari pembalap yang menyandang gelar sebagai pengendara enduro ekstrem terbaik dunia. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Pendekatan

image source: blog.ktm.com

Saat akan mendekati tanjakan, pikirkan yang akan terjadi untuk dapat menentukan cara mengantisipasi. Amati serta ambil cara yang tepat untuk melalui tanjakan.

2. Memosisikan Badan

image source: blog.ktm.com

Untuk memaksimalkan traksi saat bermain dengan motor menggunakan tubuh bagian atas, pastikan tubuh seimbang dengan motor. Berdiri selama mungkin, adalah hal terbaik untuk dapat merespon trek dan menghemat energi.

Letakkan kaki di depan footstep untuk menghindari badan meluncur ke belakang ketika pendakian yang dilakukan dengan duduk dan curam.

3. Pemilihan Gigi Perseneling

image source: blog.ktm.com

Ketika memulai, gunakan satu gigi yang lebih tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga RPM agar tetap rendah guna menghindari putaran roda yang cepat. Untuk tanjakan yang cukup curam, gunakan gigi satu dengan tetap menjaga RPM dan permainan kopling.

Selain itu, memegang kopling dengan jari telunjuk berfungsi menghindarkan tangan dari kram.

4. Penggunaan Ban

image source: blog.ktm.com

Memulai perlombaan dengan settingan ban yang baru, sangat penting untuk perlombaan enduro hill climbing. Hal tersebut disebabkan ban yang baru akan memberikan efek yang berbeda. 

Ban yang lembut dapat memberikan cengkraman dan traksi yang baik, tidak hanya lembut tapi juga lentur.

5.  Menghemat Energi

image source: blog.ktm.com

Tanjakan yang panjang biasanya akan melelahkan pengendara. Oleh karena itu, penting untuk menghemat energi dan tetap terhidrasi. 

Jika lelah di tanjakan, bisa mencari trek yang sedikit datar sebagai jalur aman untuk kembali mengumpulkan energi.

6.  Bersabar dan Penuh Perhitungan

image source: blog.ktm.com

Ketika melakukan balap enduro, penting untuk menjaga “kewarasan” selama lima jam atau lebih. Dengan menghindari berbagai rintangan yang berpotensi merusak motor, pengendara dapat menghemat energi dan kestabilan motor. 

7.   Latihan

image source: blog.ktm.com

Latihan di luar perlombaan akan menentukan ketangkasan pengendara dalam mengatasi rintangan selama balapan enduro. Tak terkecuali, dalam rintangan hill climbing

Melatih teknik dasar tanpa tekanan, kemungkinan akan menentukan cara yang cocok untuk mengendarai motor. Secara naluriah, hal tersebut akan menemukan cara untuk menaklukkan hill climbing.

Gimana braaapers, udah siap menghadapi rintangan Hill Climbing ?