Inilah 6 Tips yang Bisa Membantu Menahan Dahaga Saat Puasa

By: Delisti Putri Utami | 22/03/2023 | 143
Inilah 6 Tips yang Bisa Membantu Menahan Dahaga Saat Puasa

VMX.ID – BULAN puasa tentu tak boleh sampai mengurangi kinerja ataupun akrivitas rutin yang sehari-hari braaapers lakukan. Namun, rasa haus selama puasa jelas suatu kondisi alamiah. Gimana, sih, cara yang efektif agar kita kuat menahan dahaga? VMX Media mengadopsi dari Harvard Health Publishing yang melansir artikel berjudul “6 Tips to Reduce Your Risk of Dehydration”. Berikut tipsnya untuk braaapers.

1. Minum cukup air

Pastikan tubuh braaapers diisi cukup air saat sahur. Namun, bukan berarti minum bergelas-gelas dalam satu waktu, melainkan bisa dicicil sejak berbuka puasa.

2. Kurangi asupan garam

Garam dapat membuat braaapers lebih cepat merasa haus. Jadi, kurangi asupan garam dalam makanan yang akan dikonsumsi.

3. Hindari minuman berkafein

Minuman seperti kopi, teh, dan soda dapat membuat braaapers lebih cepat merasa haus. Jadi, walaupun kopi nikmat sekali, setidaknya jumlahnya dikurangi.

4. Kompres leher dan wajah

Saat braaapers merasa sangat haus, cobalah untuk mengompres leher dan wajah dengan air dingin. Hal ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan membuat merasa lebih nyaman, tanpa harus minum di siang hari saat puasa.

5. Makan buah-buahan segar saat sahur

Buah-buahan segar mengandung banyak air dan nutrisi yang baik untuk tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi rasa haus. Makanlah saat sahur maupun berbuka.

6. Beristirahatlah

Ketika lelah atau terlalu banyak bergerak, kita cenderung lebih cepat merasa haus. Jadi, beristirahatlah dengan cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jadi rebahan juga ok ok aja yaa braaaapers.

Namun, harus diingat, menahan dahaga terlalu lama dapat berbahaya bagi kesehatan braaapers. Jika memang braaapers sedang dalam perjalanan atau dalam kondisi sebagai musafir, boleh kok tak berpuasa, asal diganti di waktu yg lain usai Ramadan.