Tips & Trick

Habis Berlebaran, Inilah 5 Cara Memulihkan Tenaga untuk Kembali Ngetrail

By: Ramadhan Abizar | 24/04/2023 | 245
Habis Berlebaran, Inilah 5 Cara Memulihkan Tenaga untuk Kembali Ngetrail

KETIKA hari raya Idul Fitri tiba, braaapers akan menghabiskan sebagian besar waktu dan tenaga dengan bersilaturahmi kepada sanak saudara dan keluarga besar. Secara otomatis, hal ini akan menguras tenaga, dan mengakibatkan tubuh kelelahan di penghujung Idul Fitri. 

Setelah libur Idul Fitri berakhir, akan ada berbagai event balap dirt bike menarik yang sayang apabila dilewatkan. Oleh karena itu, braaapers harus mampu memulihkan tenaga agar kembali siap mengikuti event balap dirt bike. Kenali 5 cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan tenaga agar siap ngetrail setelah Idul Fitri nanti:

1. Istirahat yang Cukup

image source: gramedia.com

Momen silaturahmi kepada sanak saudara dan keluarga besar yang dilakukan ketika Idul Fitri dapat mengakibatkan braaapers kurang memiliki waktu untuk beristirahat. 

Sebelum kembali ngetrail, istirahatlah yang cukup. Braaapers bisa menggunakan momen libur bersama lebaran sebagai momen untuk beristirahat yang maksimal di rumah. 

2. Lakukan Olahraga Ringan

image source: idntimes.com

Tenaga yang terkuras akibat momen silaturahmi yang dilakukan ketika Idul Fitri mungkin akan membuat braaapers “mager” untuk berolahraga dan memilih untuk beristirahat.

Selain beristirahat yang cukup, braaapers bisa melakukan olahraga yang ringan untuk mengembalikan energi. Manfaatkan momen libur bersama lebaran untuk melakukan olahraga ringan seperti push-up dan sit-up 10 kali, atau jalan kaki di pagi hari.

3. Konsumsi Makanan yang Tepat

image source: detik.com

Ketika momen Idul Fitri, braaapers pasti tidak bisa menahan godaan untuk menyantap ketupat atau opor ayam. Kedua makanan tersebut dikenal memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

Untuk memulihkan tenaga agar siap kembali ngetrail, braaapers perlu menyeimbangkan pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, dan serat. 

4. Minum Air yang Cukup 

image source: halodoc.com

Momentum Idul Fitri dengan bepergian ke berbagai lokasi, akan menguras tenaga sehingga membuat tubuh kelelahan. Tidak hanya mengalami kelelahan, melainkan tubuh juga dapat kekurangan cairan. 

Agar kembali siap ngetrail, pastikan braaapers tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup sepanjang hari.

5. Konsumsi Suplemen Tambahan

image source: health.harvard.edu

Untuk memulihkan tenaga yang terkuras akibat momen silaturahmi yang dilakukan ketika idul fitri, braaapers dapat senantiasa mengkonsumsi suplemen tambahan, seperti vitamin C atau madu. 

Selain dapat membuat tenaga kembali siap untuk ngetrail, suplemen tambahan tersebut dapat mencegah braaapers dari sakit akibat kelelahan.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan tenaga agar siap ngetrail setelah Idul Fitri nanti. Semoga setelah Idul Fitri berakhir, braaapers sudah siap untuk kembali menerjang jalur sulit yaa…