Tips & Trick

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Melakukan Hal Penting Seperti Ini

By: VMX Media | 11/11/2022 | 407
Ganti Oli Mesin Sebaiknya Melakukan Hal Penting Seperti Ini

NEWS.VMX.ID – Ketika mengganti oli mesin, banyak kebiasaan yang dilupakan hingga di abaikan peran bagian part yang berhubungan. Kebiasaan tersebut adalah dalam hal penggantian filter oli, padahal bagian penting menjaga kualitas oli mesin.

Rujukan pabrikan motor rekomendasi pengantian filter oli dilakukan setiap dua kali periodik ganti oli, meski setiap ganti oli juga ganti filter oli, lebih bagus. Karena filter berfungsi menyimpan kotoran dari oli sebelumnya, otomatis mengganti filter akan membuat pelumasan mesin lebih bersih.

Filter oli indentik dengan motor teknologi terkini, seperti pada motor injeksi dan karburator keluaran terbaru. Jenis filter oli kertas, filter oli tabung dan filter oli stainless. Sedangkan pada motor lawas, filter oli berbahan metal oil strainer dan berposisi berdekatan dengan pompa oli.

Fungsi filter oli : Menyaring kotoran pada oli mesin untuk menghindarkan kontaminasi dari kotoran, merawat komponen, dan melancarkan suplai pelumasan komponen rocker arm, cam shaft. JIka diabaikan, mesin tidak melakukan pembakaran sempurna karena komponen mesin yang rusak.

Dengan memperhatikan filter oli, Pendistribusian pelumasan mesin pada motor saat kendaraan menyala tetap terjaga performanya. Semua zat kontaminan akan terpisah dan oli yang digunakan untuk melumasi bagian-bagian mesin akan bekerja dengan lebih baik.

Jadi perhatikan hal tersebut jika mesin tidak terganggu akibat suplai oli mengalami masalah dan tidak maksimal dalam melumasi mesin.