Tips & Trick

Cara Mudah Mendapatkan Performa Mumpuni Disaat Mengalami Stagnan Berkompetisi

By: VMX Media | 24/10/2022 | 365
Cara Mudah Mendapatkan Performa Mumpuni Disaat Mengalami Stagnan Berkompetisi

NEWS.VMX.ID – Mengalami stagnasi, pastinya pernah di alami para pebalap. Berikut rujukan bagaimana mengembalikan performa kecepatannya.

Membiasakanlah untuk tidak memiliki kecepatan yang tersisa di mesin, pergelangan tangan, atau paru-paru untuk melakukan perlawanan. Para ahli mengatakan bahwa 75 persen pengendara dalam memegang throttle sedemikian rupa sehingga mereka tidak dapat memutar throttle ke titik akhir tanpa menjatuhkan sikunya. Untuk memperbaikinya, pegang throttle dengan cara yang sama seperti memegang kenop pintu. Dan, pastikan bahwa setiap kali Anda memutar throttle, slide akan berhenti.

Berpikirnya dengan jiwa besar dan mempertahankan akurasi.Jangan langsung membagi trek menjadi 15 putaran dan tujuh lompatan tanpa berkesinambungan. Cobalah merangkai dua atau tiga lintasan lurus dan berubah menjadi satu manuver yang dipikirkan dengan matang, dan akhirnya lintasan yang lengkap menjadi satu jalur balap yang terintegrasi. Rencanakan ke depan! Lihat kedepan. Jangan terpaku pada teriakan, lompatan, atau sudut. Tetap tegakkan kepala dan abaikan masalah yang telah dialami.

Bisa menerapkan cara efektif seperti pebalap professional berbicara sendiri selama balapan. Ini adalah alat balap yang efektif, cobalah berbicaralah dengan keras! Katakan pada diri sendiri untuk membuka throttle lebar-lebar, berteriak untuk rem lagi, menuntut garis dalam yang lebih ketat dan jangan khawatir terdengar gila, anggap saja tidak ada yang bisa mendengar. Memikirkan pikiran yang baik itu bagus, tetapi mentransfer ide-ide dibawah sadar itu ke tingkat sadar (dikenal sebagai verbalisasi) adalah bentuk penguatan positif terbaik.

Memberikan segalanya untuk belokan pertama, Kemudian,memberi sekitar 95 persen untuk putaran dua, 90 persen untuk putaran tiga, dan seterusnya. Bayangkan mendapatkan holeshot ke setia tikungan,berpikirlah setiap belokan adalah belokan pertama! Jangan jatuh ke dalam perangkap secara bertahap menjadi lebih lambat.

Hindari dalam setiap moto berlangsung 15 menit, jika terbelunggu dengan waktu lamanya setipa moto akan merusak suasana rusak , anggaplah menjadi beberapa detik berharga dari balap hardcore, head-to-head. Sebagian besar dari 15 menit dihabiskan untuk mengejar, menahan diri, atau menandai waktu. Balapan yang benar-benar hidup hanya bermuara pada beberapa detik ketika melewati atau dilewati.

Anggaplah, seluruh balapan bisa menjadi 10 detik saat lawan mencoba melewati. Jika dapat mengalahkannya selama periode 10 detik itu, dia mungkin tidak akan pernah melakukan upaya kedua. Dengan demikian, pengendara yang cerdas akan mengerahkan semua kekuatan psikisnya selama 10 detik kritis saat diserang. Jika membatalkan serangan 10 detik lawan, sisa 14 menit dan 50 detik tidak akan terlalu sulit.

Biasakanlah,Hindari menyentuh shifter ketika ingin lebih cepat di gigi ketiga dengan setengah throttle daripada terbuka lebar di gigi kedua. Gigi terbaik pada setiap motor  motorcross adalah gigi ketiga. Itu dapat ditarik cukup rendah (dengan sedikit kerja kopling) dan berputar cukup tinggi. Cobalah mengatur gigi motor sehingga sering berada di gigi ketiga. Jangan downshift kecuali tidak bisa dihindari. Gunakan kopling untuk membuat motor keluar dari tikungan dengan gigi setinggi mungkin. Cobalah untuk membawa kecepatan dan tidak membuat kebisingan.

Tidak ada salahnya untuk berjalan di trek sebelum berlatih, tetapi lebih penting lagi untuk mencoba berjalan (dan menontonnya) selama moto yang sebelum anda berlatih. Jangan pernah berasumsi bahwa garis yang digunakan semua orang adalah yang terbaik. Jalur terbaik mungkin 20 kaki lebih jauh ke luar atau bahkan melalui tengah lubang lumpur besar yang dihindari semua orang. Bagaimana Anda bisa tahu? Berjalan di trek, menendang tanah, mencoba membujuk pengendara untuk menggunakan jalur yang dpilih dan berpikir kreatif.

Titik beratkan pijakan kaki bagian luar. Tempat tersulit untuk make up time adalah di tikungan yang datar, keras, kering dan licin. Semua orang meluncur di sekitar, dan, karena takut berputar, mereka mengendurkan throttle untuk mendapatkan traksi. Tapi,bisa melewati belokan datar lebih cepat jika tahu rahasia bagaimana mengukur pijakan kaki bagian luar luar. Saat memasuki tikungan datar, berkonsentrasilah untuk meletakkan beban (tekanan) pada pijakan kaki luar. Saat motor bersandar ke belokan, tubuh memberikan tekanan balik ke bagian luar motor untuk memuat suspensi dan melenturkan dinding samping. Cara terbaik untuk mengukur pijakan kaki luar adalah dengan menempatkan lutut ke tangki dan menekan dengan keras.

Jangan jatuh ke dalam teori “kecepatan” balap. Terlalu banyak pebalap mengatur kecepatan yang baik dan mencoba untuk menahannya. Namun sayangnya, mondar-mandir tidak mempertimbangkan perbedaan antara trek lurus yang kasar dan lurus yang mulus. Hindari mondar-mandir sendiri! Pergi secepatnya untuk dapat melalui  sebagian besar trek balap dan prioritaskan menggapai yang mudah.

Terapkan Teknik Burn the smooth part saat memulai masuk tikungan dengan panas ban dan keluar keras. Dorong badan melampaui batas ketika tidak dalam posisi aman. Terus mengulang berlatih seperti itu secara terus menerus dalam setiap latiha, agar lebih terbiasa dan kuat.

Sebaiknya menguji berbagai tingkat gir roda sebagai bagian dari menemukan adalah trik hop-up paling efektif. Cobalah untuk membuat sebagian besar perubahan persneling dengan sproket belakang.

Berikut adalah beberapa tips tentang persneling:

1- memindahkan gigi motor “turun” dengan menambahkan gigi ke sproket belakang (atau menguranginya pada sproket countershaft)

2 -menaikkan gigi “naik” dengan mengurangi jumlah gigi pada sproket belakang atau menambahkannya ke sproket countershaft. Sebagai aturan praktis, satu gigi di countershaft sama dengan 3,5 gigi di belakang.