Tips & Trick

Cara Menyiapan Dan Tip Menyetel Suspensi Motor Trail ! Apa larangannya?

By: VMX Media | 20/12/2022 | 680
Cara Menyiapan Dan Tip Menyetel Suspensi Motor Trail ! Apa larangannya?

NEWS.VMX.ID – Kata mubazir tau unfaedah ketika memiliki suspensi  motor trail terbaik di dunia, tetapi  tidak bisa merawatnya atau memahami cara kerjanya. Salah satu memperlakukannya adalah paham menguraikan cara menyetel  suspensi motor trail. Efeknya untuk gaya berkendara apa pun, dimulai dengan garpu dan diakhiri dengan kejutan suspensi. Untuk tingkat berikutnya, mekanik suspense memiliki beberapa kiat tentang cara memaksimalkan dan kemungkinan modifikasi. Sebelum memasang suspensi motor trail, sebaiknya memastikan ukuran psi ban pompa ban yang benar.

Garpu motor trail adalah garapan pertama untuk menyiapkan dan menyetel suspensi motor trail. Dimulai dengan ban depan, pastikan kondisinya baik dan dipompa ke tingkat yang sesuai. Disarankan untuk memompa ban antara 11–13 psi untuk berkendara motorcross dan 13–14 psi atau lebih untuk berkendara off-road guna mencegah ban kempes.

Salah satu cara untuk menyetel suspensi motor trail adalah dengan menaikkan atau menurunkan garpu depan di triple clamp. Harus menyesuaikan pantulan dan redaman kompresi sesuai dengan kebutuhan berkendara. Langkah pertama yang perlu di lakukan sebelum menyetel suspensi motor trail perhatikan aturan manual standar pabrikan.  

Proses menaikkan atau menurunkannya di klem rangkap tiga,adalah bagian dari mengubah geometri  motor trail. Juga dapat mengatur pantulan dan pengaturan kompresi pada sekrup atau clicker yang terletak di garpu.

Kompresi mengacu pada seberapa banyak garpu ingin mengompres. Peredam kompresi yang lebih sedikit menghasilkan sensasi berkendarayang lebih lembut. Tetapi jika disetel terlalu lunak, maka motor trail akan meluncur di bawah pengereman dan terpuruk saat dikendarai. Rebound mengacu pada seberapa banyak garpu ingin kembali ke bentuk aslinya. Rebound dengan redaman yang tidak cukup akan menghasilkan pengendaraan yang lebih lembut, tetapi motor akan memantul, menyebabkan kegelisahan ujung depan dan kemampuan menikung akan berkurang.Maknaya perlu menemukan keseimbangan antara dua pengaturan ini, yang membuat nyaman berkendara.

Untuk memberi kesan ujung depan yang konsisten, harus mengeluarkan udara dari garpu sebelum berkendara. Untuk memberikan kesan ujung depan yang konsisten, harus mengeluarkan udara dari garpu sebelum berkendara.

Untuk menjaga garpu dalam kondisi terbaik, pastikan untuk mengeluarkan udara dari garpu di awal hari sebelum berkendara. Selalu keluarkan garpu di atas dudukan dan roda depan terlepas dari tanah. Udara mengembang dengan panas dan ketinggian, jadi penting untuk memulai perjalanan tanpa tekanan berlebih.

Guncangan suspensi motor trail adalah proses menopang bobot pengendara, meredam benturan, dan memastikan ban belakang tetap bersentuhan dengan tanah.Jadi, usahakan untuk melakukan penyetelan secara berkala.

Sesuaikan rantai  saat menyetel suspensi sepeda motor trail, dengan jarak main 30–40 mm agar tidak macet saat suspensi belakang dikompresi penuh.Menyetel rantai pada saat yang sama, setel rantai penggerak pada dudukan Saat menyesuaikan kejutan, disarankan untuk memeriksa pengaturan pabrik, lalu merinci cara mengatur sag.

memastikan kejutan motor trail dengan mengubah pantulan dan redaman kompresi untuk gaya berkendara. Tekan kejutan motor trail dengan mengubah pantulan dan redaman kompresi untuk gaya berkendara.

Aturan yang sama untuk garpu depan juga berlaku untuk shock belakang. Dan suspensi harus cukup seimbang antara depan dan belakang. Sesuaikan kompresi dan rebound untuk kenyamanan serta kemampuan berkendara. Selain itu, sesuaikan clicker suspensi secara bertahap dan jangan memaksakan penyetel kompresi atau rebound melewati batas penyesuaian minimum atau maksimum, atau berisiko merusak bagian internal.

Untuk menyetel suspensi  motor trail harus lebih terlibat daripada hanya memutar beberapa sekrup. Seperti mengubah berat dan tinggi oli garpu, ubah nuansa ujung depan. Lalu, Ubah berat dan tinggi oli garpu, ubah nuansa ujung depan.

Salah satu cara untuk memasukkan garpu  adalah menyesuaikan berat dan tinggi minyak di garpu. Menyesuaikan ketinggian oli garpu mengubah jumlah ruang udara di garpu dan mengubah karakteristik redaman di paruh kedua perjalanan suspensi. Menambahkan oli akan membuat garpu menjadi kaku dan meningkatkan daya tahan dasar, sementara membuang oli akan melembutkan garpu. Tambahkan atau kurangi oli dalam gradien kecil 10cc hingga  mendapatkan efek yang diinginkan. Juga, dapat menambahkan minyak garpu melalui pemeras udara dengan jarum suntik kecil. Untuk mengeluarkan oli,  harus melepas kaki garpu dari motor dan membalikkannya untuk mengalirkan oli dari lubang pembuangan udara.

Pindah ke bagian belakang motor,  akan melihat pegas menahan pengendara dan motor, jadi pastikan  memiliki kecepatan pegas yang tepat. Sebagian besar motor bekerja paling baik dengan kendur pada angka 95–115mm saat pengendara berada di atasnya. Setelah pengendara melorot, periksa kedipan statis motor tanpa pengendara. Sag statis harus berkisar antara 25–45mm, Jika kendur statis kurang dari 25mm, maka memerlukan pegas yang lebih kaku, dan jika lebih besar dari 45mm, memerlukan pegas yang lebih lembut.

Cara Menyesuaikan Suspensi Sepeda Motor Trail Untuk Berat Badan

Dalam menyesuaikan suspensi motor trail dengan bobot pengendara, dimulai dengan menyetel kendur. Menyetel sag berarti menyesuaikan jumlah jarak (sag) saat motor bergerak ke bawah dari bobot pengendara, salah satu cara mengatur sag  dengan sederhana, idelanya dnegan dua orang yaitu pengendara dan pembonceng.

Untuk meningkatkan suspensi  motor trail, harus menyesuaikan penurunan berat badan dan gaya berkendara . Untuk mengukur sag, memulai dengan pengukuran statis, yaitu menempatkan motor trail di atas dudukan, tanpa roda di tanah, ukur dari tengah poros belakang ke titik tetap. Biasanya tempat pertemuan spatbor belakang dan panel samping, lalu catat pengukuran itu. Kemudian, dengan semua perlengkapan terpasang, kencangkan roda depan  dan berdiri di atas footpeg. Orang kedua akan melakukan pengukuran lain menggunakan titik tetap yang sama di bagian belakang motor. Perbedaan antara kedua pengukuran ini disebut sag.

Jumlah yang benar adalah sekitar 33 persen dari total perjalanan motor yang tersedia, biasanya antara 95–115mm pada motor ukuran penuh.  Tetapi ini berubah tergantung pada motor, preferensi pengendara, atau di mana  lokasi akan berkendara.

Untuk menyesuaikan sag , memerlukan palu dan pukulan, atau alat khusus yang ditawarkan oleh pabrikan. Setelah mengendurkan cincin pengunci pegas kejut, putar cincin preload pegas untuk menambah atau mengurangi kendur. Aturan umumnya adalah bahwa satu putaran penuh mengubah sag sekitar 3mm.

Menyetel suspensi motor trail  dan menyesuaikan kendur lebih tentang mendapatkan suspensi motor trail dalam kisaran yang nyaman, bukan mengukurnya secara spesifik. Selalu pastikan untuk berkendara, menguji, dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.Disarankan setelah berkendara, tetap lakukan perawatan, termasuk mengganti oli garpu, busing, dan seal. Hal ini tidak hanya akan memperpanjang umur motor, tetapi juga akan menjaga performa berkendara dan suspensi  tetap konsisten.